GBI Ponorogo
Dalam Yohannes 15 : 8 , Yesus berkata , “ Dalam hal inilah Bapaku dipermuliakan , yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu menjadi murid-murid-Ku. “ Kita , sebagai pengikut Kristus baru layak disebut sebagai murid-muridNya dan Allah dipermuliakan kalau kita berbuah lebat.
Mengingat betapa pentingnya buah yang lebat dalam kehidupan orang Kristen , maka kita harus memahami beberapa buah yang ada sebagai berikut :
1. Buah pertobatan
 Matius 3 : 8 - 10 berbicara tentang buah yang sesuai dengan pertobatan kita sebagai orang Kristen . Pertobatan awal yang harus kita lakukan adalah pertobatan dari kata – kata yang  jahat. Matius 12 : 33 – 34 menjelaskan pohon dikenal dari buah-buahnya dan teguran Yesus kepada orang Farisi sebagai keturunan ular beludak menjelaskan bahwa mereka tidak mungkin mengucapkan hal-hal baik sedangkan hati mereka jahat . Karena yang diucapkan mulut keluar dari hati . Dari pernyataan Yesus bisa disimpulkan bahwa hati adalah pohon dan akar-akarnya , sedangkan kata-kata adalah buah ( Lihat gambar ).


Buah = kata-kata
Pohon = hati

Lebih lanjut Markus 7 : 20 – 28 menjelaskan bahwa setelah kita bertobat dari kata – kata yang  jahat , ada 13 hal yang lain yaitu :
1. Pikiran jahat 6. Keserakahan 11. Hujat
2. Percabulan         7. Kejahatan 12. Kesombongan
3. Pencurian 8. Kelicikan 13. Kebebalan
4. Pembunuhan 9. Hawa nafsu     
. Buah Penginjilan.
Roma 16 : 5 berkata ; “Salam juga kepada jemaat di rumah mereka .Salam kepada Epenetus , saudara yang ku kasihi , yang adalah buah pertama dari daerah  Asia untuk Kristus.”.Kita memahami dari ayat ini bahwa Epenetus adalah orang pertama yang dimenangkan Paulus di daerah  Asia bagi Kristus .
Bagaimanakah dengan kita ? Berapa banyak orang yang kita bawa kepada Kristus ?

3. Buah Ucapan Bibir .Ibrani 13:35 ( Baca ! )
Paulus  yang diduga sebagai penulis kitab ini mengajak kita untuk secara terus menerus oleh Dia , mempersembahkan korban pujian kepada-Nya ( Terjemahan N.K.J.V / New King James Version ) . Ucapan syukur yang memuliakan Dia harus kita ungkapkan dalam kondisi apapun , baik bermasalah atau tidak . 1 Tesalonika 5:18 berkata : “Ucapkan syukur senantiasa kepada Allah  ,  karena itulah yang dikehendaki-Nya . ”

4. Buah Roh .Galatia 5: 22-23 menjelaskan ada 9 buah Roh , yaitu Kasih , sukacita , damai sejahtera , kesabaran , kemurahan , kebaikan , kesetiaan , kelemah lembutan dan penguasaan  diri . Buah ini akan muncul dalam kehidupan kita asal sebagai milik Kristus kita telah menyalibkan daging denganh semua hawa nafsu dan keinginannya  . ( Galatia 5 : 2--25 )

Bahan Sharing :
*Buah apakah yang kita rindukan dalam kehidupan kita sebagai orang Kristen dan apakah yang harus  kita lakukan ?
0 Responses

Posting Komentar