GBI Ponorogo
Ulangan 11 : 26 - 28 berkata," (26) Lihatlah, aku memperhadapkan kepadamu pada hari ini berkat   dan kutuk ( 27 ) berkat, apabila kamu mendengarkan perintah TUHAN,  Allahmu, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini ( 28 ) dan kutuk, jika kamu tidak mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, dan menyimpang dari jalan yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain yang tidak kamu kenal. "
Jelas, berkat yang dalam bahasa Ibraninya "Barakha" mengandung pengertian pemberian sebagai tanda kasih dari Allah atau disebut karunia berupa materi. Dalam bahasa Yunani, "Eloghia," mengandung pengertian berkat rohani dan materi, bahkan kemewahan.
Berdasarkan ayat-ayat diatas, untuk memperoleh berkat,dibutuhkan dua hal untuk dilakukan :
1. MENDENGARKAN DAN MENTAATI PERINTAH-PERINTAH TUHAN. (27). Gaya hidup sebagai orang yang bersaat teduh tiap hari, dimulai pagi hari, sangatlah penting dengan menikmati Firman Tuhan dan bersekutu dengan Tuhan dalam doa.
2. MENTAATI FIRMAN TUHAN DALAM KETEPATAN. Ketepatan yang kita miliki berkaitan dengan hal-hal berikut :
1. PEMIKIRAN. Filipi  2:5 berkata," Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus." Dalam hidup bersama, kita perlu memiliki cara berpikir seperti Kristus dengan mempelajari, memahami  Firman-Nya. Namun,yang sering terjadi adalah seperti yang tertulis  dalam Filipi 3:19 yang berkata," Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi." Hal- hal duniawilah yang menjadi pusat perhatian mereka. Mereka bertuhankan perut dan hidup dalam kenajisan.                       
2. PERKATAAN. Efesus 4:29-30 berkata,"  (29) Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia. (30) Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan. " dan Efesus 6:19 berkata," juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil." Mari kita berjuang untuk memerangi perkataan kotor seperti makian, penghakiman, porno, kesombongan, dusta, gosip dan lain-lain. Kata-kata yang baik membangun dan membuat orang beroleh anugerah,sedangkan kata- kata kotor dan semua kejahatan seperti kepahitan,kegeraman,kemarahan,dan pertikaian membuat Roh Kudus berduka. Sebaliknya, mari kita tingkatkan kebaikan, kelembutan, dan sikap saling mengampuni seperti Kristus telah mengampuni kita.                       
3. PERBUATAN. Galatia 5:19-21 berkata," (19) Perbuatan daging telah nyata, yaitu : percabulan, kecemaran, hawa nafsu, (20) penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, (21) kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu ku peringatkan kamu seperti yang telah kubuat dahulu bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. "Dengan berhenti dari perbuatan dosa seperti yang didaftarkan dalam ayat-ayat diatas, kita mendapat bagian dalam kerajaan Allah (mewarisi atau menikmati Kerajaan Allah berupa damai dan sukacita oleh Roh Kudus seperti yang dikatakan dalam Roma 14:17--baca!). Lebih lanjut, Ibrani 9:14 yang berkata," betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup." meyakinkan kita bahwa bila kita berhenti dari perbuatan-perbuatan yang salah, kita baru bisa beribadah pada Allah yang hidup dan melayani-Nya.
 Kedua ayat dibawah meyakinkan kita bahwa Tuhanlah yang membuat orang benar diberkati.
“ Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya."( Ams.10:22)
" Berkat ada di atas kepala orang benar, tetapi mulut orang fasik menyembunyikan kelaliman." ( Ams.10:6).
                   
Bahan sharing :
1. Sejauh manakah kecintaan kita terhadap Firman Tuhan agar kita
    memperoleh berkat-Nya?
2. Bagikan pengalaman kita dalam usaha untuk hidup dalam
    ketepatan  di bidang pemikiran, perkataan, dan perbuatan.     
0 Responses

Posting Komentar