GBI Ponorogo
Bila kita mempelajari kisah tentang Yusuf , kita akan memahami rahasia kesuksesan dalam kehidupan-nya. Rahasia kesuksesan seseorang bukan terletak pada potensi , kekayaan , pengalaman , pengetahuan tanpa rasa takut akan Tuhan , namun pada karakter yang terbina sejak kecil dalam keluarga yang mengenal Yesus Tuhan .
          Dalam kejadian 37 : 39 – 40 kita mempelajari dan memahami bahwa Yusuf berhasil karena 3 hal  :
1. Sikap hormat pada orangtuanya . Sikap hormat Yusuf ditunjukkan pada waktu dia disuruh oleh ayahnya untuk menjumpai kakak – kakak yang membencinya , dia berkata “ ya bapa “ dan melaksanakan perintah itu . Dalam Ibrani 13 : 17 ( BACA! ) kita diperintahkan untuk taat pada para pemimpin dan tunduk ( rasa hormat ) kepada mereka , karena Allah ; kepada otoritas kita ; dan dalam I Petrus 5 : 5 orang-orang muda diperintahkan untuk tunduk pada orang – orang tua / penatua dan sesama agar dikasihi oleh Allah.

2. Sikap bisa dipercaya . Sejak umur 17 tahun Yusuf biasa bertanggung jawab untuk menggembalakan kambing – domba ( Kejadian 37 : 2 BACA! ) . Dalam kejadian39 : 1 – 9 , Yusuf bertanggungjawab untuk melaksanakan semua tugas yang diberikan tuannya dengan penuh rasatanggungjawab,namun dia tidak mau melanggar apa yang bukan menjadi haknya dengan menanggapi rayuan Ibu Potifar . Hal itu juga tidak dilakukan kaerena ia memahami apabila ia melanggar hal itu adalah perbuatan dosa yang sangat besar  .

3. Tahan dalam proses penderitaan untuk mencapai impian / visinya . ( Kejadian 37 – 40 ) untuk mewujudkan mimpi – mimpinya , Yusuf harus menjalani proses penderitaan . Dia mengalami berbagai penderitaan seperti :
- dibenci kakak – kakaknya ( 37 : 4,8 )
- dibuang ke sumur ( 24 )
- dijual sebagai budak ( 28 )
- digoda istri Potifar dan difitnah ( 39 : 7,20 ) sehingga masuk penjara
- dilupakan orang( 40 : 23 ).

          Berapa banyakkah orang – orang yang menyadari bahwa mereka harus menjalani proses penderitaan untuk menjadikan visi menjadi kenyataan ? .

Bahan Sharing :

Berdasarkan ketiga hal diatas , apakah yang perlu dibenahi dalam hidup kita agar Visi yang Tuhan berikan menjadi kenyataan yang pasti ? .
0 Responses

Posting Komentar