GBI Ponorogo
Mazmur 133 : 1 – 3 menjelaskan bahwa persekutuan yang rukun diantara umat Tuhan menghasilkan berkat yang digambarkan dengan embun , dan kuasa yang digambarkan dengan minyak bahkan berkat dan kehidupan pun diperintahkan.
          Walaupun yang terjadi didalam banyak persekutuan / paguyuban / komunitas adalah sebaliknya : perselisihan , pertengkaran / konflik bahkan berujung pada perpecahan , kita harus memahami bahwa minimal ada 4 hal ( 4M ) yang kita lakukan agar kita rukun dan meraih berkat:
 M1 . Memahami orang – orang yang ada dalam persekutuan . DI satu sisi , pemimpin adalah manusia biasa seperti Musa yang kisahnya bisa kita pelajari dalam Keluaran 17 . Waktu lemah , dia diberi batu untuk duduk dan kedua tangannya didukung oleh Harun dan Hur . Disisi yang lain dalam  Markus 6 : 31 , 34 , Yesus memperhatikan murid-muridnya untuk istirahat sejenak dalam pelayanan  , dan orang-orang yang hadir bisa pingsan karena kelelahan dan kelaparan sehingga mereka butuh makan .
M2 . Menjalani proses benturan / pergesekan . Amsal 17 : 27 berkata besi menajamkan besi , manusia menajamkan sesamanya . Ibarat senjata ,  sebagai orang – orang dalam komunitas yang ingin menjadi tajam harus siap bergesekan dengan sesamanya.
          Dalam proses benturan ini , yang perlu benar -  benar dijaga adalah pesan Tuhan dalam Efesus 4 : 25 – 32 untuk membuang kata-kata  kotor , dan memakai perkataan yang baik untuk membangun supaya mereka yang mendengar mendapat kasih karunia. Yakubus 3 : 8  memperingatkan kita bahwa lidah adalah sesuatu yang buas , tak terkuasai dan penuh racun yang mematikan, dan bila ada kesalahan, seorang rekan rohani m yang lain menuntunnya dalam roh lemah lembut sambil berjaga – jaga untuk tidak kena pencobaan ( Galatia 6 : 1 )
M3 . Mengampuni yang bersalah . Karena kita memiliki Allah dalam nama Yesus yang mengampuni kita , pengampunan-Nya yang besar itulah yang mebuat kita sadar dan mampu mengampuni yang bersalah.
M4 . Mengasihi dalam perbuatan dan kebenaran . Usaha keras dalam doa dan kasih dalam perbuatan yang benar inilah ( I Yohanes 3 : 18 ) yang pada akhirnya bisa merukunkan umat Tuhan dalam sebuah persekutuan dan menghasilkan berkat dan kuasa .
Bahan Sharing :

Bagikan pengalaman untuk membangun hubungan intim dalam sebuah komunitas dengan mengaplikasikan 4 hal di atas .
0 Responses

Posting Komentar