GBI Ponorogo
“ PESAN KRISTUS KEPADA KETUJUH JEMAAT “

  I. Pesan Tuhan kepada ke tujuh jemaat ini dimaksudkan untuk memberi nasehat, peringatan, peneguhan Iman, memberi ajaran kepada  jemaat yang merosot imannya dan memberi pahala bagi yang setia terhadap Tuhan dan Firman-Nya.( Wahyu 3 : 19 ). Dalam terjemahaan BIMK tertulis,“ Karena itu tuliskanlah apa yang telah kau lihat baik yang terjadi sekarang maupun hal – hal yang akan terjadi nanti “

 II. Keadaan ke tujuh jemaat :
1. Jemaat Efesus . ( Wahyu 2 : 4 – 5 )
          Jemaat ini mendapat  peringatan dari Tuhan , karena sudah meninggalkan kasih yang mula –mula, dan jika tidak bertobat Tuhan akan mengambil kaki dian dari tempatnya. Tuhan akan menolak / mengeluarkannya dari dalam kerajaan-Nya. Mari kita bandingkan kwalitas kasih kita dengan kwalitas kasih  kita  semula. Bila belum mengalami kasih semula, mari kita mohon belas kasihan Tuhan untuk mengalami kelahiran baru dan kasihNya yang membuat kita jatuh cinta pada Nya.Namun jika kita tidak bertobat, Tuhan akan menolak dan mengeluarkan kita dari dalam kerajaan -Nya.

2. Jemaat Smirna. ( Wahyu 2 : 9 – 10 )
           Jemaat ini mendapat peneguhan iman dalam penderitaan. Barangsiapa yang setia sampai mati Tuhan akan mengaruniakan Mahkota Kehidupan.
3. Jemaat Pergamus. ( Wahyu 2 : 14 -16 )
          Jemaat ini hidup berkompromi dengan dosa, mengikuti ajaran – ajaran yang tidak alkitabiah dan menyembah berhala. Jemaat Pergamus sama dengan Jemaat Tiatira, jika tidak bertobat akan mendapat hukuman.
4. Jemaat Tiatira.  ( Wahyu 2 : 20 – 23 )
          Jemaat ini cenderung membiarkan dosa ( MEREMEHKAN ), termasuk  melakukan hal – hal yang CABUL, ketidakbenaran dan ajaran – ajaran yang tidak alkitabiah, termasuk makan makanan berhala. Tuhan akan menghancurkan jemaat semacam itu beserta dengan pemimpinnya ( ayat 23 )
5. Jemaat Sardis. (  Wahyu 3 : 1 – 4 , terjemahan BIMK )
          Jemaat ini mengalami kematian rohani. Dalam terjemahan BIMK dikatakan  “ Aku tahu apa yang kalian lakukan, padahal kalian mati “. Tuhan serukan untuk “ Bangunlah dan bertobatlah “. Kalau tidak berjaga – jaga Tuhan akan datang tiba – tiba seperti pencuri.
6. Jemaat Laodikia. ( Wahyu 3 : 15 – 17 )
          Jemaat ini tidak dingin dan tidak panas ( suam – suam kuku ). Mereka merasa kaya , tidak berkekurangan apa – apa ( serba berkecukupan ), namun sebenarnya di hadapan Tuhan mereka adalah orang –orang yang melarat, miskin, buta, telanjang dan malang ( keadaannya sangat menyedihkan ). Orang – orang semacam ini akan dimuntahkan keluar dari mulut Allah. Didalam ayat 8,Tuhan menasihatkan agar mereka untuk membeli emas murni ( gambaran Firman Tuhan yang harus dipelajari dengan sungguh sungguh dalam tuntunan sang maha guru, Roh kudus) dari Tuhan supaya menjadi kaya ;  pakaian putih ( gambaran kesucian ) supaya ketelanjangan mereka tertutupi, dan juga  minyak ( gambaran Roh kudus ) untuk dioleskan ke mata mereka agar bisa melihat dengan baik. Marilah dalam kerendahan hati kita berani membayar harga yang tinggi.
7. Jemaat Filadelfia.(  Wahyu 3: 8 – 11 )
          Jemaat ini tidak seberapa kuat ( sederhana ), menuruti Firman Tuhan, dan setia kepada Tuhan dan Firman -Nya.Bagi yang setia, Tuhan akan membukakan pintu yang tidak dapat ditutup oleh siapapun, membuatvmusuh~musuh bertekuk lutut, dan dilindungi pada masa kesusahan  dan dalam 1 Tesalonika 1:10 dikatakan bahwa Tuhan akan menyelamatkan mereka dari murka yang akan datang.

III. Upah orang yang menang.
          Bagi yang menang, Wahyu 3 : 12 berkata . “Orang yang menang, akan Kujadikan sebagai tiang dalam Rumah Suci Allah-Ku, dan ia akan tinggal di tempat itu selama-lamanya. Nama Allah-Ku, dan nama kota Allah-Ku -- yaitu Yerusalem baru yang akan turun dari surga, dari Allah-Ku -- akan Kutulis pada diri orang itu. Juga nama-Ku yang baru akan Kutulis pada dirinya “. ( BIMK )
IV. Bahan Sharing :
          1. Diteguhkan oleh mimpi yang diberikan kepada pembicara yang melihat ada anggota yang menghadapi makanan berlimpah,menggenggam uang ratusan ribu erat - erat, sibuk dengan urusan sendiri, pendeta yang tertidur dalam pertemuan, seorang hamba Tuhan mengajukan proposal untuk pembangunan gereja, termasuk jemaat yang manakah kita dan apakah yang harus dilakukan?


0 Responses

Posting Komentar