GBI Ponorogo

" KELUARGA YANG DI BERKATI "

Mazmur 128:1-6 mengungkapkan rahasia tentang keluarga yang diberkati dengan memperhatikan 4 hal sebagai berikut :
1. PASANGAN SUAMI ISTRI HIDUP MENURUT JALAN YANG DITUNJUKKAN TUHAN ( ayat 1 ).
Dikatakan, tiap orang, baik suami maupun istri, harus berjalan di jalan Tuhan. Ulangan 6:1-6 menandaskan bahwa bila perintah Tuhan diperhatikan, dipegang dan dilakukan, hasilnya adalah umur panjang dan keadaan yang baik, berkelimpahan ( hidup diberkati ).                       
2. PERANAN LELAKI SEBAGAI KEPALA RUMAH TANGGA.
Karena ayat 3 berbicara tentang istrimu dan anak-anakmu, maka yang ditekankan oleh penulis Mazmur adalah seorang pria sebagai suami yang lebih dahulu pegang peranan untuk menjadi pecinta Firman dan pelaku. Sebagai kepala rumah tangga, lelaki harus memiliki sikap takut akan Tuhan. Amsal Solaiman 8:13 berkata," Menghormati TUHAN berarti membenci kejahatan. Aku membenci kesombongan dan keangkuhan, hidup yang jahat, dan kata-kata yang menyakitkan. (VMD)" 
Berbicara tentang kesombongan, kita bisa melihat sikap Naaman sebelum disembuhkan. Dalam 1 Petrus 5:5-6, kesombongan berarti tidak bisa menundukkan diri pada para penatua, orang orang tua dan sesama dan sikap seperti ini ditentang sendiri okeh Allah.       
3. PENGAJARAN FIRMAN TUHAN SECARA BERULANG-ULANG KEPADA ANAK-ANAK ( ULANGAN 6:6-9 ).
Pengajaran Firman Tuhan harus diajarkan dan dibicarakan dengan anak-anak pada waktu duduk di rumah, dalam perjalanan, waktu berbaring dan bangun. Ada baiknya juga, sesuai perintah Tuhan, Firman Tuhan dengan hiasan yang menarik dipasang di tempat-tempat yang mudah dibaca.
4. PEMBERESAN HUBUNGAN ANTARA BAPAK DAN ANAK, BILA ADA KONFLIK.
Bapak harus berusaha tidak membuat anaknya marah seperti yang dikatakan dalam Efesus 6:4 yang berkata, “ Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan". Bila terjadi hubungan yang tidak harmonis antara bapak dan anak harus ada usaha untuk membereskannya. Maleakhi 4:6 berkata," Maka ia akan membuat hati bapa- bapa berbalik kepada anak-anak mereka dan hati anak- anak kepada bapa-bapa mereka,kalau tidak Aku akan memukul bumi dengan kutuk ( terjemahan arief ). Untuk merubah kutuk menjadi berkat dalam keluarga harus ada pemberesan hubungan sampai terjadinya keharmonisan bapak dan anak.                       

BAHAN SHARING :
1. Sharingkan tanda-tanda adanya ketidak bahagiaan dalam rumah tangga.
2. Usaha konkrit apakah yang bisa dilakukan berdasarkan artikel  diatas untuk menjadikan keluarga diberkati?

 
0 Responses

Posting Komentar