GBI Ponorogo

Tuhan ingin setiap kita (segala yang bernafas), terlibat dan berperan dalam memuji Tuhan. Tetapi ada banyak hal dalam kehidupan ini yang bisa membungkam kita sehingga kita tidak bisa memuji Tuhan, yaitu :
1.     DOSA
Dosa akan membuat keadaan seseorang menjadi letih lesu, sehingga orang tersebut menjadi berat untuk memuji Tuhan. Mazmur 42:3-4 berkata,(3) Air mataku menjadi makananku siang dan malam, karena sepanjang hari orang berkata kepadaku: "Di mana Allahmu?" (4) Inilah yang hendak kuingat, sementara jiwaku gundah-gulana;bagaimana aku berjalan maju dalam kepadatan manusia, mendahului mereka melangkah ke rumah Allah dengan suara sorak-sorai dan nyanyian syukur, dalam keramaian orang-orang yang mengadakan perayaan.” Hanya pertobatan yang sungguh akan memulihkan pujian dalam hidup orang tersebut. Berhentilah berbuat dosa, minta pengampunan dan penyucian oleh darah-Nya.
2.     TIDAK SUKA FIRMAN
Firman Tuhan adalah sumber iman kita. Tanpa iman kita tidak bisa terus-menerus memuji Tuhan. Ketika ada banyak masalah yang kita alami. Firman yang tersingkapkan membuat iman kita hidup sehingga apapun yang menghadang hidup kita membuat  nyanyian tetap mengalir (Mazmur 119:11-64)
3.     GAGAL MEMURIDKAN
Kita punya tanggung jawab agar pujian kepada Tuhan terus ada ketika kita sudah tidak ada di dunia ini lagi. Karena itu, kita harus mengajar generasi di bawah kita (anak cucu) kita supaya mereka hidup mengasihi Tuhan sehingga pujian bergema dalam hidup mereka. (1 Samuel 8:1-5).
4.     SALAH MENGGUNAKAN WAKTU
Salah satu sarana yang penting untuk bisa memuji Tuhan adalah waktu. Karena itu kita harus bijak dalam menggunakan waktu. Hari-hari ini banyak orang yang menghabiskan waktu mereka dengan handphone sehingga kehilangan banyak kesempatan untuk memakai waktu mereka untuk memuji Tuhan. Ketika menggunakan waktu 2 jam sehari saja untuk handphone dalam setahun kita kehilangan waktu hampir 1 bulan. Efesus 5:15-16 berkata, “(15) Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, (16) dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.”
5.     TIDAK HIDUP MENJADI TERANG
Banyak orang percaya lupa bahwa mereka dipanggil sebagai terang, artinya mau atau tidak, hidup ini (tingkah laku, dll) mempengaruhi orang lain. Hidup kita yang baik akan membuat orang lain yang melihat akan memuji Tuhan, tetapi sebaliknya hidup kita yang buruk akan membuat orang lain menggerutu bahkan bisa mengutuk Tuhan. Matius 5:16 berkata, ” Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."
Adalah kerinduan Tuhan agar bumi ini dipenuhi pujian. Yesaya 61:11b berkata, “seperti kebun menumbuhkan benih yang ditaburkan, demikianlah Tuhan ALLAH akan menumbuhkan kebenaran dan puji-pujian di depan semua bangsa-bangsa. ” Karena itu mari kita lebih sering terlibat dalam memuji Tuhan. Biarlah segala yang bernafas memuji Tuhan. Haleluya!

BAHAN SHARING :
1.     Berkat apakah yang kita terima dari renungan dan kesaksian yang disampaikan ?
2.    
Apakah yang harus kita lakukan  untuk mengatasi  5 hal diatas secara konkrit  ?

0 Responses

Posting Komentar