GBI Ponorogo
    Sebab itu kami tidak tawar hati,  tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah   kami dibaharui  dari sehari ke sehari (16). Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal  yang melebihi segala-galanya,  jauh lebih besar dari pada penderitaan kami (17). Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan,   karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal (18).

Berdasarkan ayat tersebut diatas menjelaskan bahwa prioritas hidup Rasul Paulus terpusat pada manusia batiniah, karena manusia lahiriah atau tubuh jasmani ini akan mengalami kemerosotan, penderitaan, dan kesusahan hidup yang berujung kepada kematian. Sedangkan manusia batiniah menunjuk kepada roh manusia yang memiliki hidup rohani Kristus yang terus diperbaharui dalam pikiran, perasaan, kehendak, bahkan menjadi serupa dengan Kristus sampai kepada kehidupan kekal.

Ciri-ciri manusia batiniah :
1. Miliki Kasih Agape.
1 Korintus 13:13 berkata .” Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih,dan yang paling besar di antaranya ialah kasih “. Kasih Agape adalah kasih tanpa syarat, tidak mementingkan diri sendiri atau egois, tanpa batas dan bersifat total, seperti kasih Tuhan terhadap manusia.

2. Menjadi Kesaksian Hidup.
Kolose 3:23 berkata, “Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan  dan bukan untuk manusia”. Kita harus menjadi kesaksian hidup bagi banyak orang melewati gaya hidup ( membaca dan merenungkan Firman Tuhan ). pola hidup ( sehat jasmani rohani) dan apa saja yang kita lakukan akan kita kerjakan dengan segenap hati untuk kemulyaan Nama Tuhan.

3. Miliki prioritas kepada Tuhan.
2 Korintus 4:19 berkata, “Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan,   karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal “. Orang percaya yang berpusat pada manusia batiniah hidupnya tidak terpengaruh oleh kondisi-kondisi yang ada didalam dunia ini atau hal-hal yang bersifat sementara, karena yang tridak kelihatan itu sifatnya kekal sampai selama-lamanya.

4. Kesetiaan dan Ketaatan.
Tetap setia untuk melatih diri dalam Ibadah dan taat nelakukan semua perintah Tuhan, karena latihan rohani itu berguna dalam segala hal dan mengandung janji untuk hidup pada masa kini dan masa yang akan datang. 1 Timotius 4:8 ( Baca! )

Bahan Sharing :
Buatlah daftar pola hidup Anda dari perkara-perkara yang kelihatan ( jasmani ) maupun yang tidak kelihatan ( rohani ) mulai dari bangun pagi sampai malam hari.


Hal yang kelihatan : Hal yang tidak kelihatan :
a. …………………….. a. …………………………..
b. …………………….. b. …………………………..
c. …………………….. c. …………………………..
d. …………………….. d. …………………………..
e. ……………………… e. ……………………………
0 Responses

Posting Komentar