GBI Ponorogo
Maksud Gerakan Tuhan adalah apa yang Tuhan kerjakan bagi gereja dengan tujuan untuk mendewasakan umat-Nya.
Ciri-ciri yang ada dalam gerakan Tuhan adalah:
1. Pewahyuan/ Penyataan Roh Kudus. Tidak seperti ahli-ahli Taurat, Yesus mengajar dengan kuasa sehingga para pendengar takjub. ( Matius 7:28-29 ). Untuk mengerti Firman Tuhan dibutuhkan pewahyuan ( penyingkapan tabir yang terselubung / tertutup sehingga tidak dimengerti ) oleh Roh Kudus. Dalam Efesus 1 : 7-19 ( BACA BAIK-BAIK ! ), Rasul Paulus berdoa dan meminta kepada Tuhan agar yang mendengar Firman mendapat hikmat dan penyataan Roh Kudus agar mereka mengenal Dia dengan benar dan mengerti adanya pengharapan dalam Kristus dan kehebatan kuasa-Nya. Penyampaian Firman Tuhan mengakibatkan orang mengerti dan berubah.
2. Manifestasi Roh Kudus. Roh Kudus memanifestasikan/menyatakan karya-Nya dalam gereja Tuhan. Kisah-kisah dalam Alkitab dan yang kita lihat dan alami menunjukkan Kuasa Roh Kudus dalam bentuk yang bermacam-macam seperti: Baptisan Roh Kudus dengan tanda bahasa Roh, kesembuhan, mukjizat, pertolongan dan lain sebagainya. Markus 16: 17. berkata : “ Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengysir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut , mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh”.
3. Pengurapan Roh Kudus. Seperti Yesus, kita perlu pengurapan Roh Kudus sehingga ada kuasa dalam pelayanan kita. Kisah Para Rasul 10:38 berkata : “ Yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai iblis, sebab Allah menyertai Dia “.
4. Dimulai dengan orang-orang yang berkenan pada Tuhan.
Tuhan Bisa dan sering bergerak melalui orang-orang yang dianggap kecil dan diremehkan. 1 Korintus 1:26-27 berbicara tentang orang-orang yang tidak bijak, tidak berpengaruh, bodoh ,lemah, tetapi dipakai Tuhan. ( BACA ! ).
5. Praktek dalam kehidupan. Respon terhadap Firman dalam bentuk gaya hidup rohani, akan menjadikan iman menjadi kenyataan. Yosua 1: 8 berkata : “ Janganlah enkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis disalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung”.
Pengajaran, pelatihan dalam komsel dan pengaktifan jemaat dalam kegiatan-kegiatan rohani akan menghasilkan jemaat yang berkualitas dan berkembang secara kwantitas
BAHAN SHARING:
1. Apakah yang kita harapkan dan kita lakukan dalam mengikuti gerakan Tuhan untuk gereja-Nya berdasarkan artikel diatas?
2. Bahaslah kendala-kendala yang ada dalam menanggapi gerakan Roh Kudus dalam gereja Tuhan dewasa ini dan temukan jalan keluarnya.
0 Responses

Posting Komentar