GBI Ponorogo
Abebe Bikila , pelari maraton olimpiade dari Etiopia yang sebelumnya hanya cadangan dan berlari tanpa sepatu mengejutkan dunia dengan meraih medali emas . Pada waktu diwawancarai bagaimana dia bisa meraih juara , dia berkata : “ saya ingin seluruh dunia mengerti bahwa Etiopia menang karena tekad dan aksi heroik “ .
            Demikian pula sebagai orang beriman yang digambarkan sebagai peserta lomba lari dalam Ibrani 12 : 1 – 4 , kita akan menang bila melakukan 3 hal sebagai berikut : ( 3M )
1 . M1 = Melihat dan mengenang saksi - saksi iman ! . Saksi – saksi IMAN disini adalah MEREKA yang mengelilingi kita seperti awan yang perlu dilihat dan dikenang sebagai orang – orang yang hidup oleh iman dan saat ini sudah berada di surga . Sebut saja sebagai contoh : Abraham , Ishak , Yakub , Yusuf , Musa , Rahab , Gideon , Simson , Yefta , Daud , dan Samuel. Benar , Firman Allah berkata dalam Roma 1 : 17
“ orang benar akan hidup oleh iman “ .
2 . M2 = Menanggalkan beban dan meninggalkan dosa ! . Supaya tidak menghambat perjalanan kita , beban harus kita tanggalkan dan dosa sekecil apapun harus ditinggalkan dan dibuang . Dengan datang pada Kristus orang yang letih lesu dan berbeban berat akan mengalami kelegaan , dan dengan terus belajar dari Dia yang lemah lembut dan rendah hati , beban yang kita tanggung akan terasa ringan . ( Matius 11 : 28 – 29 ) . Dan , agar dosa - dosa tidak menjadi rintangan , kita harus memastikan dan membuang jauh – jauh . Kolose 3 : 59 memberikan daftar dosa- dosa yang harus kita sadari , matikan dan buang , yaitu : percabulan , kenajisan , hawa nafsu , nafsu jahat , keserakahan ( serupa dengan penyembahan berhala ! ) , kemarahan , kegeraman , kejahatan , fitnah , kata – kata kotor , dan dusta .
3 . M3 = Memandang pada Kristus ( 2 – 4 ) . Dengan mengarahkan pandangan pada Yesus ,bukan kepada orang orang di sekitar kita , ada yang  perlu diperhatikan sebagai berikut  :
-       Dialah yang membuat kita beriman  dan penyempurna iman kita.
-       Kesukaan dan tujuan akhir duduk di sebelah kanan tahta Allah adalah target kita.
-       Salib harus kita pikul dan abaikan kehinaan yang ada karena salib itu.
-       Jangan lemah dan putus asa dengan cara mengingat betapa Dia menghadapi bantahan yang hebat dari orang orang berdosa dan dalam pergumulan melawan dosa kita belum seperti Dia yang berdarah -darah.

Bahan Sharing :
1. Bagikan serba - serbi pengalaman sebagai olahragawan , khususnya
    lari untuk mencapai garis finish !
2. Sampai dimanakah tingkatan perjuangan kita sebagai pelari dan kiat kiat
    apakah yang harus kita tempuh untuk mencapai garis akhir berdasarkan  
    artikel diatas?
0 Responses

Posting Komentar