GBI Ponorogo
              Bagi orang kebanyakan , hari valentine diperingati dan ditanggapi dengan beragam tidakan yang kadang ganjil . Di Jogja contohnya , mereka mengadakan pertemuan melupakan para mantan pasangan  . Apakah yang seharusnya kita lakukan di hari valentine dan di sepanjang hidup kita ? .
          Berdasarkan apa yang dikatakan Alkitab , sebagai orang percaya , apakah yang seharusnya kita lakukan dihari valentine dan sepanjang kehidupan kita adalah :
1. Mengorbankan nyawa . Yohanes 15 : 13 berkata bahwa tidak ada kasih yang lebih besar daripada seseorang yang mengorbankan nyawanya bagi sahabat- sahabat-nya . Selain Yesus sendiri sebagai Allah yang mengorbankan nyawanya bagi kita dengan mati di atas kayu salib bagi dosa- dosa kita , ada juga orang yang rela mengorbankan diri-nya seperti pastor maximillian kolbe . Dia rela dirinya dijebloskan ke dalam penjara sampai mati bagi sahabat yang ingin dibebaskan . Sebagai orang Kristen maukah kita berkorban waktu , harta , tenaga , pemikiran dan lain sebagainya ? Semoga ! .
2. Membayar harga . Dalam Kisah yang tercatat dalam Yohanes 12 : 3 tentang wanita yang mengurapi Tuhan , kita bisa belajar bahwa untuk mengikut Kristus ada harga yang harus dibayar dalam kerendahan hati . Dengan minyak narwastu murni yang mahal harga-nya , Maria meminyaki kaki Yesus , dan menyeka dengan rambutnya . Diperkirakan dengan harga senilai upah setahun orang bekerja waktu itu , dia korbankan semua- nya dalam kerendahan hati . Sberapa banyak harta yang kita berikan untuk Tuhan kita ?
3. Melakukan tindakan nyata bagi saudara kita . 1 Yohanes 3: 16-18 menjelaskan bahwa sebagaimana Yesus mengorbankan diriNYA bagi kita , kitapun wajib berbuat  yang sama bagi saudara kita dalam  tindakan nyata dan dalam kebenaran, bukan dengan perkataan saja . Bagi yang berkekurangan,kita perlu membuka pintu hati untuk menolong agar kasih Allah  dapat tetap dalam diri kita.Benarlah pepatah Jawa  yang mengatakan “ Gajah diblangkoni , iso kojah ora iso nglakoni “ ,kalalu kita tidak hidup dalam kasih.

Bahan Sharing :
1. Apakah yang sudah kita lakukan dalam kasih untuk Allah kita dan sesama yang berkekurangan ?


0 Responses

Posting Komentar