GBI Ponorogo
Jemaat atau gereja adalah sekelompok orang yang telah ditebus oleh Yesus Kristus dan telah menerima augerah Kerajaan yang tak tergoncangkan.
          Untuk menjadi jemaat yang solid dibutuhkan 3 hal yaitu :
1. Bersyukur . 1 Tesalonika 5:18 berkata : “ Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu “ . I Tawarikh 16 : 34 berkata , “ Bersyukurlah kepada Tuhan sebab Ia baik . Bahwasanya untuk selamanya kasih setia-Nya “ . Kitab Mazmur , banyak sekali diawali dengan ucapan “ Bersyukurlah “ , misalnya : Mazmur pasal 105 , 106 , 75 , 107 , 111, 136 , 138 . Demikian halnya dengan melayani Tuhan kita harus bersyukur . Kita tidak hanya melayani di mimbar , tetapi dimanapun berada kita harus melayani tanpa pamrih dan harus dengan hati yang bersungguh – sungguh .
2. Beribadah dengan cara yang berkenan kepada Tuhan .         Untuk menjadi jemaat yang berkenan kepada-Nya , Roma 12 : 1  berkata , “ Karena itu saudara-saudara , demi kemurahan Allah , aku menasehatkan kamu , supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup , yang kudus dan yang berkenan kepada Allah . Itu adalah ibadahmu yang sejati. Jadi, tubuh dengan semua anggotanya sebagai Bait Roh Kudus harus kita jaga dengan hati – hati agar tidak melakukan yang jahat ( tangan , kaki , mulut , telinga , mata dan lain-lain ) . Yakobus 1 : 27 juga menasehatkan kita untuk melakukan tindakan kasih dengan mengunjungi anak – anak yatim , janda – janda yang menderita , dan menjaga diri untuk tidak dicemarkan oleh dunia . Selain tubuh kita , jaga baik – baik kondisi jiwa ( Pikiran , perasaan , kemauan ) dan roh kita. Pada saat beribadah di gereja secara khusus , fokuskan perhatian kita kepada Allah ( “ jangan ngglambrang “ ). Secara rohani , yakinkanlah bahwa diri kita bahwa dimana ada Roh Allah , disitu ada kemerdekaan . ( II Korintus 3 : 17 BACA ! ) .
3. Hormat dan takut akan Tuhan.
          Hormat dan takut akan Allah adalah membenci dosa. Dosa ( Harmatea ) = tidak tepat sasaran .
            Dalam amsal 8:13 dikatakan  “ Takut akan TUHAN adalah : membenci kejahatan , kesombongan , arogansi dan cara yang jahat , dan mulut yang jahat  . 
Ciri-ciri orang yang membenci dosa adalah, suka damai,hidup kudus, yang sesuai dengan Firman Tuhan. ( Ibrani 12 : 14 – Baca ! ). 

Bahan Sharing :

1. Apakah yang perlu dibenahi berdasarkan renungan diatas agar kita menjadi jemaat yang “ solid ” / kokoh ?.
0 Responses

Posting Komentar