GBI Ponorogo
( Lukas 10 : 38 – 42 ; Yohanes 11 : 1 – 44 )

            Masa yang sukar kini menjadi suatu fakta yang nyata dengan tanda- tanda yang disebutkan dalam I Timotius 3 : 1 – 4 ( BACA ! ) .

            Untuk menjadi orang yang tegar , kita perlu belajar dari seorang tokoh bernama Maria,kakak Martha.Untuk itu dibutuhkan 3 hal yang penting :

            1. Pribadi yang punya PRIORITAS .Prioritas adalah hal yang diutamakan.Dalam kisah yang tercatat dalam Lukas 10 : 38-42 , Maria menyambut Yesus di Betania dengan duduk dekat kaki-Nya dan terus mendengarkan firman-Nya. Pada saat Marta menegur Yesus dan memerintah-Nya untuk melibatkan Maria dalam kesibukannya mempersiapkan segala sesuatu, Yesus berkata : “ Marta.Marta,kamu kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak hal,tetapi hanya satu saja yang perlu,Maria telah memilih bagian yang terbaik yangh takkan diambil dari-nya.Yang dimaksudkan-Nya adalah apa yang dilakukan Maria.Dia berkomunikasi (DOA = Duduk omong-omong dengan Allah ),dan terus mendengarkan firman-Nya.

            2. Pribadi yang anti pengaruh.Seperti halnya sebuah jam bisa anti air(“waterproof”) atau anti gores, kita pun harus anti apa saja yang berpengaruh
- Maria tidak bergeming dengan ocehan Marta (Lukas 10:40 )
- Maria tidak terpengaruh dengan orang orang sukar di sekelilingnya.Dalam kitab Yohanes 11:1-44 :
a. murid murid yang takut (ay 8 )
b. murid murid yang beriman kecil (ay 12 )
c. Tomas yang sinis dan pesimis (ay 16 )
d. Marta yang suka menyalahkan orang lain , termasuk Tuhan sendiri (ay                  21), “keminter”(ay 24),dan jalan dengan rasionya (ay 34.37 )
e. komentar orang orang Yahudi (ay 36).

            3.Pribadi yang berjalan dengan iman dan kerendahan hati.         
            Pada saat dia mendengar Yesus memanggilnya,Maria dengan segera pergi menjumpai Yesus dalam kerendahan hatinya.Walau pernyataan yang disampaikan kepada Yesus sama dengan Marta, ( Guru kalau Engkau ada disini,adikku tidak akan mati ) sikap-nya  jauh berbeda.Marta datang dengan arogan sedangkan Maria datang dengan hati yang rendah.Hal itu dibuktikan Maria dengan tersungkur di kaki Yesus dan linangan airmata.Hasil yang didapatkannya,Yesus menangis dan Lazarus secara ajaib dibangkitkan.

Bahan sharing :

            1. Bagaimana cara kita menerapkan ketiga hal diatas untuk menghadapi masa yang sukar ?

0 Responses

Posting Komentar