GBI Ponorogo
      Kalau kita mendengar kata “ mengikut “ , berarti ada yang diikuti dan yang diikuti itu biasanya seseorang yang bisa menjadi teladan dalam hidupnya . Yang diikuti bisa seorang pemimpin , majikan , bos , tuan , “ public figure “ dan sebagainya .
      Dalam kamus bahasa Indonesia , kata “ mengikut “ adalah turut serta dengan seseorang , dan memperhatikan gerak – gerik orang tersebut ( tingkah laku , perkataan , gaya hidup , dan sebagainya ) . Sebagai pengikut Kristus , kitapun juga ingin hidup sesuai dengan gaya dan pribadi Yesus . Dalam  1 Yohanes 2 : 6 ( BACA ! ) , mengikut Yesus berarti menjadi sama seperti Yesus .
      Tetapi pada kenyataannya , banyak pengikut Kristus yang hidupnya bertolak belakang dari gaya hidup Kristus sendiri , tidak mencerminkan sebagai pengikut Kristus , bahkan sama dengan orang yang tidak / belum mengenal Kristus . Kebutuhan hidup , kesibukan duniawi sering dijadikan alasan untuk tidak melayani Yesus , tidak berpusatkan kepada Tuhan Yesus sebagai pemberi berkat .
          Contoh pengikut baik yang perlu diteladani antara lain :
-      Elisa ( 1 raja – raja 19 : 19 – 21 ) . Nabi Elia memberikan otoritas kepada Elisa dengan melemparkan jubah kepada nya . Elisa merespon dengan mengikuti Elia menjadi pelayannya , dan  diberi kesempatan untuk berpamitan sebelum mengikuti nabi Elia .
-      Yosua bin Nun ( Bilangan 11 : 28 ) . Yosua mengikuti Musa menjadi abdinya sejak dari masa kecil .

Bila kita mengikut Yesus sebagai teladan , maka 3 hal akan terjadi berdasarkan Markus 10 : 28 – 30 .
1. Pelipatgandaan berkat ( 28 – 30 a ) .
          Karena meninggalkan segala sesuatu ( rumah , saudaranya laki – laki dan perempuan , ibu , bapak , anak – anak atau ladang ) , demi Kristus dan Injil , maka seseorang akan mendapatkan seratus kali lipat dari yang ditinggalkannya itu pada masa sekarang ini .( Markus 10:30b ) .
2. Penderitaan . ( Roma 8:17-18 , Filipi 1:29) . Untuk menerima janji – janji Kristus ,setiap orang harus menghadapi penderitaan yang tidak sebanding dengan kemuliaan yang akan diberikan .
3 Kehidupan kekal .
Kehidupan damai dan sukacita pada masa kini  ( Lukas 17 : 21 ) dan kehidupan kekal di masa akan datang ( Yohanes 3 : 16 ) , adalah sesuatu yang pasti.
Peringatan Yesus tentang yang terdahulu menjadi yang terkemudian hendaknya mendapatkan perhatian yang serius.
Akan ada banyak orang yang sebelumnya berapi-api, kemudian semangat mereka merosot,dan orang lain akan mendahului mereka..

Bahan Sharing :
1. Untuk mengutamakan Kristus,hal-hal apakah yang harus kita tinggalkan untuk memperoleh pelipatgandaan ?

2. Penderitaan pakah yang sedang kita alami dan bagaimanakah cara mengatasinya?
0 Responses

Posting Komentar