GBI Ponorogo
“ KRISTUS DATANG UNTUK MENYELAMATKAN DAN MENYERTAI KITA “

          Band “ Jamrud “ memelesetkan peribahasa “ berakit-rakit ke hulu “dalam lagu yang berlirik sama demikian :
          Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian.
          Bersakit-sakit senangpun tak datang malah mati kemudian.
          Secara umum lagu ini tidak memberikan dorongan                   ( motivational ) untuk menjalani kehiupan ini dengan kerja keras, tapi pada kenyataannya memang itulah yang sering terjadi. Kerja keras itu baik tetapi tidak cukup dalam mengarungi kehidupan penuh problem seperti ekonomi, sakit penyakit dan beragam konflik hubungan internal maupun external seperti kasus freeport dengan ungkapan yang terkenal “ papa mintya saham “, dan ISIS yang melancarkan terornya di Perancis dan rencana ke Inggris dan negara-negara lain, termasuk Indonesia barangkali.
          Untuk mengatasi beragam persoalan diatas sangat perlu dipahami sesuai dengan kisah kelahiran Yesus yang tercatat dalam Matius 1 : 18-25 ( Baca ), bahwa Dia datang untuk menyelamatkan dan menyertai kita dalam dunia yang penuh derita ini.
          Kata menyelamatkan dalam bahasa Yunani adalah “ SOZO “ yang artinya begitu luas, yaitu memenuhi semua kebutuhan orang percaya yang diantaranya :
-      Mengampuni dosa-dosa kita dan membawa kita ke surga. Roma 10: 9-10 berkata : Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.
-      Menyembuhkan. Matius 9:22 berkata : Tetapi Yesus berpaling dan memandang dia serta berkata: "Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Maka sejak saat itu sembuhlah perempuan itu.”
-      Memenuhi kebutuhan kita. Untuk memberikan penjelasan tentang kata menyelamatkan itu, Mazmur 78: 19-22 berkata : Mereka berkata terhadap Allah: "Sanggupkah Allah menyajikan hidangan di padang gurun? Memang, Ia memukul gunung batu, sehingga terpancar air dan membanjiri sungai-sungai; tetapi sanggupkah Ia memberikan roti juga, atau menyediakan daging bagi umat-Nya? Sebab itu, ketika mendengar hal itu, TUHAN gemas, api menyala menimpa Yakub, bahkan murka bergejolak menimpa Israel, sebab mereka tidak percaya kepada Allah, dan tidak yakin akan keselamatan dari pada-Nya.
-      Melepaskan kita dari roh-roh jahat.Lukas 8: 36 berkata : Orang-orang yang telah melihat sendiri hal itu memberitahukan kepada mereka, bagaimana orang yang dirasuk setan itu telah diselamatkan.
-     Melepaskan kita dari usaha jahat orang-orang yang akan mencelakakan kita. 2 Timotius 4:18 “ Dan Tuhan akan melepaskan aku dari setiap usaha yang jahat. Dia akan menyelamatkan aku, sehingga aku masuk ke dalam Kerajaan-Nya  di sorga. Bagi-Nyalah kemuliaan selama-lamanya! Amin.
-     Imanuel berarti Allah menyertai kita.Yohanes 14:17-18 berkata :yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. Galatia 5:25 berkata : Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh.
Dari kedua ayat-ayat diatas, kita perlu memahami betapa pentingnya hidup dipimpin oleh Roh Kudus dan hidup bergantung sepenuhnya kepada-Nya dalam semua hal.

Bahan Sharing :
-     Apakah yang menjadi kebutuhan kita secara pribadi maupun bersama-sama dalam panitia Natal 2015 kali ini dan bagaimanakah caranya kita mengaplikasikan pemahaman diatas ?


0 Responses

Posting Komentar