GBI Ponorogo
      Mengapa kita harus mempergunakan waktu yang ada dengan baik ?. Karena waktu itu berjalan terus dan tidak ada seorangpun yang dapat menghentikan waktu, yang pada hari – hari terakhir ini diwarnai dengan hal – hal yang jahat ( pertikaian, kenakalan anak – anak remaja. Keluarga yang tidak harmonis,percabulan, dan lain sebagainya. Mengingat itu semua kita harus menjadi orang yang bijaksana sehingga tidak menyia –nyiakan kesempatan yang ada. Efesus 5 : 15 -  17 berkata, “Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif ( 15 ) , dan pergunakanlah waktu  yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat ( 16 ) Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan ( 17 ) .”
Dalam menjalani kehidupan ini kita harus memiliki konsep waktu yang jelas dan pandangan yang jelas tentang waktu.
I. Konsep waktu bagi orang dunia,“ Waktu adalah uang “.
Konsep dan pandangan orang yang tidak mengenal Tuhan, perkara– perkara dunia akan menjadi fokus yang harus dikejar. Begitu juga banyak orang kristen sebagian menjadi pekerja keras dan sebagian lagi menjadi pecandu kerja. Menurut Sinamo , seorang motivator  , perbedaan pekerja keras dan pecandu kerja adalah seperti tabel di bawah ini :
Pekerja keras
Pecandu kerja
1. Menghayati kerja sebagai
    ongkos mencapai visi dan
    tujuan yang berharga dan
    dalam proses itu mereka
    menikmati kerja tersebut.     
2. Bisa membatasi diri sehingga   
    masih tersedia waktu untuk  
    kegiatan hidup lainnya seperti    
    keluarga, sosial, agama dsb
3. Sanggup menghentikan
    kerja pada waktu yang
    dibutuhkan ( ada komitmen )

1. Menenggelamkan diri dalam
    pekerjaan untuk
    mendapatka rasa aman dan
    ketidakpastian hidup
    sekaligus sebagai cara
    menghindari komitmen dan
    tanggungjawab hidup lainnya.
2. Membiarkan pekerjaan
    menjadi raja yang menguasai
    seluruh waktunya sedemikian
    rupa, sehingga keluarga dan
    bidang lain selalu kalah
    apabila berhadapan dengan
    kerja.
3. Seolah – olah mendapat
    bensin apabila menemui api
    kerja.
Apabila kita tidak menggunakan waktu dengan baik dan bijak, kita bisa menjadi seperti orang orang yang hidup pada zaman Nuh dan hidup di kota Sodom Gomora , penuh dengan hawa nafsu. Akibatnya, mereka binasa karena air bah dan terbakar oleh api.
II. Konsep waktu bagi orang percaya.
Berdasarkan kitab Efesus 5 :15 - 17 , kita harus menyadari keadaan kita sebagai orang bijak, bukan bodoh dan bebal, apakah sesuai dengan kehendak Tuhan dalam mempergunakan waktu yang ada. Ke tiga kriteria orang bijak sebagai pekerja keras, uraian bapak  Sinamo patut kita pahami dan lakukan . Contoh konkrit yang bisa kita lihat adalah gaya hidup jemaat mula mula yang tercatat dalam Kisah Para Rasul  2 : 41 - 47. Mereka bertekun dalam pengajaran rasul - rasul, persekutuan( persahabatan ), pemecahan roti, makan bersama,doa, pelayanan, dan kegiatan sosial tingkat tinggi ( harta menjadi milik bersama ).

Bahan sharing :
1. Mengingat keadaan di akhir zaman ini begitu mengerikan, apakah
    yang harus kita perbuat dengan waktu yang ada, berdasarkan

    artikel diatas?
0 Responses

Posting Komentar