GBI Ponorogo
Kejadian dua kakak beradik yang menjatuhkan diri dari gedung bertingkat di Bandung membuktikan bahwa banyak orang tidak bisa menikmati kehidupan yang berujung pada peristiwa tragis sebagai akibat adanya beragam persoalan, pertikaian, pembunuhan dan bunuh diri.
Namun, untuk bisa menikmati kehidupan yang diwarnai dengan hari- hari yang baik penuh berkat, 1 Petrus 3:1-12 memberikan petunjuk yang bisa kita lakukan, yaitu :
1. Menjalani kehidupan rumah tangga yang harmonis ( 1-7). Para istri bersikap tunduk dan taat pada pasangan mereka seperti pada masa Sarah hidup dengan suaminya dan memanggilnya tuan dan memang juga nyonya Abraham( he..he ..) ; memakai perhiasan roh yang lembut, bukan lahiriah, dan berharap pada Tuhan. Sebaliknya, suami harus bijaksana, dan tidak kasar supaya doa mereka tidak terhalang.
2. Menjalani kehidupan dalam berbagai komunitas dengan sikap  berkomitmen untuk bersatu, mengasihi saudara saudara, penyayang dan rendah hati.( 8)
3. Mengasihi orang dengan kasih Agape( tak bersyarat ).( 9). Dalam menghadapi kejahatan dan cacian, seorang pengikut Kristus tidak boleh membalas dan sebaliknya memberkati untuk memperoleh berkat.
4. Menjaga mulut dari perjataan yang jahat. ( 10)
5. Menjauhi yang jahat dan lakukan yang baik, termasuk mencari dan mengejar perdamaian. (11). Sadari apa yang salah dengan berintrospeksi dan dengar nasihat orang lain dan Firman-Nya sehingga kita tidak sibuk mencari kesalahan orang lain dan menghakimi mereka, dan bersikap proaktif dalam membalas kasih orang lain atau apa yang Alkitab ajarkan dalam tindakan yang reaktif dan kreatif. Pepatah mengataskan, " Tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata. "                       
6. Menaikkan doa permintaan kepada Tuhan. (12). Dia mengasihi dan mendengarkan permintaan orang benar dan menentang orang jahat . Doa orang benar dan sepakat menghasilkan hal-hal yang dahsyat . 
                     
Bahan sharing :
1. Bagikan peristiwa tragis yang menunjukkan ketidakmampuan orang  untuk meniknati kehidupan.

2. Apakah yang perlu kita lakukan dan tingkatkan untuk menikmati kehidupan yang diwarnai dengan hari hari yang baik ?
0 Responses

Posting Komentar