GBI Ponorogo
Tidak seperti kebanyakan pembantu rumah tangga, Wati menunjukkan kwalitas yang tinggi lewat sapaan ramah, pelayanan yang sigap seperti membawakan koper tamu, mempersilahkan minum dan mengantar ke kamar tidur yang disediakan. Usut punya usut, ternyata Wati adalah mantan tkw Hongkong yang sebelum dikirim harus melalui pelatihan berbahasa dan bersikap sopan santun terhadap   para calon majikan selama beberapa bulan.                       
Demikian pula, berdasarkan 1 Tim 4:1-11 sebagai pelayan Kristus yang baik, kita perlu melakukan 4 hal sebagai berikut :
    1.    Mengingat peringatan Roh kudus akan adanya penyesatan menjelang kedatangan Kristus. Penyesatan itu dilakukan oleh para pengajar palsu yang mengajarkan tentang larangan untuk kawin dan makan makanan tertentu yang padahal semua makanan halal dan dikuduskan oleh Firman dan doa, kalau diterima dengan ucapan syukur. Namun demikian, perlu diingat bahwa smua halal namun tidak selalu berguna.                       
    2.    Menerima pengajaran Alkitab dimulai dari dasar pokok pokok iman. Bersyukur, bapak Derek Prince telah menulis buku-buku tentang hal-hal tersebut yang  sudah diterapkan dalam PEPAK (Pelatihan Praktis Abdi Kristus). Bisa dibayangkan betapa berkwalitasnya seorang pelayan Kristus yang sudah dilengkapi dengan pemahaman dasar yang dimaksud dan masuk dalam pelayanan.
    3.    Menerima pelatihan rohani. Disamping latihan badani, seorang pelayan Kristus harus melatih diri dalam beribadah. Selain mempersembahkan tubuh sebagai ibadah yang hidup, kudus dan berkenan kepada Tuhan (Roma 12:1-2), seorang pelayan Kristus harus melatih diri terus menerus dalam mempelajari Firman, merenungkan dan melakukannya dengan sungguh-sungguh dan mengaplikasikan apa yang diajarkan dalam kehidupan sehari-hari seperti mengekang lidah, mengunjungi yatim piatu, janda-janda dalam kesusahan mereka dan menjaga diri dari kecemaran dunia (Yakub 1:25-27).                       
    4.    Memiliki sikap pejuang yang berjerih lelah. Tanpa perjuangan yang gigih tak mengenal keputus asaan, mustahil kita bisa menjadi pelayan Kristus yang baik dan berhasil.

BAHAN SHARING :

Berkaca pada pemahaman Firman Tuhan dan kenyataan dalam dunia usaha tentang perlunya kwalitas pekerja melalui penyaringan dan audisi yang juga sudah diterapkan dalam beberapa gereja maju, apakah yang  harus dilakukan oleh gereja untuk memperoleh pelayan Kristus yang baik?
0 Responses

Posting Komentar