GBI Ponorogo

“ RUT, PRIBADI YANG MEMPESONA ”
( RUT 1 - 3 )

Karena kelaparan yang melanda tanah Israel, di kisahkan seorang bernama Elimelekh dan Naomi, istrinya pergi ke daerah Moab. Disana mereka mengambil menantu untuk kedua anak-anak mereka, Mahlon dan Kilyon. Nama menantu mereka Orpa yang pertama dan Rut yang kedua.
Problem yang besar muncul pada saat Elimelekh meninggal dan kemudian disusul Mahlon dan Kilyon.
Pergumulan dalam kehidupan Rut berlanjut dan kita bisa belajar tentang ketangguhannya yang mempesona dalam beberapa hal di bawah ini :

1.      KESETIAANNYA

Rut yang artinya melekat tidak mau meninggalkan Naomi mertuanya, walau mertua lelaki, suami dan Orpa istri kakak iparnya berpisah dari mereka. Desakan-desakan Naomi tidak menggoyahkan dia untuk pergi dan dengan tegas dia berkata dalam fatsal 1:16-17 : “ Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang ….. Beginilah kiranya Tuhan menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jikalau sesuatu apa pun memisahkan aku dari engkau, selain dari pada maut.”

2.      SIFAT-SIFATNYA

Pada saat mereka berdua kembali ke Betlehem, dalam kondisi tidak punya pekerjaan, Rut berinisiatif untuk bekerja pada seorang kaya raya bernama Boas (2:2). Sikap kerja kerasnya menarik perhatian Boas dan dari kata orang, berita tentang Rut disampaikan (2:5-7,11).

3.      KETAATANNYA

Menyadari bahwa Naomi adalah otoritasnya, dia mentaati nasihat-nasihat yang diberikan. Nasihat-nasihat yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan suami adalah penampilan yang menarik dengan cara mandi yang bersih, memakai wewangian dan pakaian yang bagus, dan pendekatan yang agresif (fatsal 3:3-4,9)

Ketiga hal diatas itulah yang menjadi faktor penentu perubahan besar yang terjadi dalam kehidupan Rut. Pada akhirnya, Rut menjadi istri Boas.

BAHAN SHARING :

1.      Rut adalah gambaran jemaat sebagai pengantin Kristus. Adakah hal-hal yang bisa membuat kita meninggalkan kepercayaan kita ?
2.      Inisiatif, kerja keras penampilan & agresivitas faktor penting dalam kehidupan kita. Bagikan pengalaman kita baik dalam bekerja, berkeluarga, berkomsel dan bergereja.
Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar