GBI Ponorogo
strong-wind-in-field-one-431466-1920x1080.jpg
          Sejarah mencatat bhwa seorang atheis , tidak mengenal Tuhan, bernama Max Jukes yang menikah dengan seorang wanita yang atheis juga memiliki keturunan sebagai berikut :
-      150 orang tersangkut kasus kriminal
-           7 orang mati terbunuh
-       100 orang pemabuk
-      Separuh lebih dari keturunan wanitanya jadi pelacur.
Yonathan Edward seorang kristen yang taat dan juga pengkhotbah yang hidup di abad 17 , yang menikah dengan Sara,seorang yang taat kepada Tuhan , memiliki keturunan sebagai berikut :
-      1 orang wakil presiden Amerika
-      3 orang senator
-      3 orang gubernur
-      13 orang pemimpin perguruan tinggi
-      30 orang hakim
-      89 orang dosen
-      80 orang pemegang jabatan publik
-      100 orang pengacara
-      100 orang misionaris
Apakah rahasianya sehingga keturunan Edward begitu perkasa dan diberkati ? Mazmur 112 : 1 – 2 mengungkapkan bahwa untuk menjadi keturunan yang perkasa dan diberkati , kita perlu memperhatikan beberapa hal :
I. Peranan seorang pria ( “ Man “ – Bahasa Inggris ) sebagai suami dan kepala dalam rumah tangga . Suami yang takut akan Tuhan ( benci kejahatan , kesombongan , kecongkakan , tingkah laku yang jahat dan mulut orang jahat – Amsal 8 : 13 ) akan menjadi teladan bagi seluruh isi keluarga , khususnya anak -  anaknya . Sebagai kepala rumah tangga , dia akan berperan   sebagai imam seperti Ayub , nabi seperti Musa dan Raja seperti Kristus sendiri yang memimpin .
II. Kecintaan yang mendalam terhadap Firman Tuhan . Di ayat pertama , disebutkan bahwa yang diberkati adalah orang yang SANGAT SUKA kepada segala perintah-Nya ( bukan hanya suka tapi “ tergila – gila “ ) . Ada dua hal yang perlu diperhatikan :
1. Proses mencintai Firman Tuhan . Dalam hal mencintai Firman Tuhan secara mendalam , diperlukan pengertian bahwa seorang harus lahir baru ( percaya Yesus sebagai Tuhan yang mati dan bangkit ) sehingga secara otomatis butuh susu murni dan berusaha untuk minum  terus supaya bertumbuh kuat . ( I Petrus 2 : 23 ; 2 : 2 – BACA ! )  . Selanjutnya dalam proses pertumbuhan agar menjadi perkasa dan diberkati dia harus memegang pedoman dalam Yosua 1 : 8 , yaitu memperkatakan  Firman Tuhan , merenungkan dan melakukan Firman Tuhan dengan hati – hati ( M3 ) .
2..Untuk mengaplikasikan Firman Tuhan, Mazmur 1 : 1 – 3 mengajarkan supaya seseorang tidak berjalan dalam nasihat orang fasik , berdiri di jalan orang berdosa dan duduk dalam kumpulan pencemooh .
Berbicara tentang dosa – dosa yang harus kita hindari , kita bisa berkaca pada 10 hukum Taurat yang tertulis dalam keluaran 20 : 3 – 17 :
1  Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
2  Jangan ada patung yang disembah .
3 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan .
4  Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat . ( Pada hari ini , seluruh anggota keluarga  termasuk pembantu , hewan dan orang asing yang menumpang tidak boleh bekerja bagi Tuhan , sehingga Tuhan memberkati kita ).
5  Hormatilah ayah dan ibumu.
6  Jangan membunuh.
7  Jangan berzinah.
8  Jangan mencuri.
9  Jangan mengucapkan saksi dusta .
10  Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu."
·        Lingkarilah yang sudah dilakukan !
 Berbicara tentang perkumpulan yang tidak harus kita masuki , sebaliknya kita masuk dalam kumpulan orang – orang benar , dimulai dengan anggota keluarga termasuk anak – anak . Dalam perkumpulan itulah anak – anak harus dididik Firman berulang – ulang waktu sedang duduk , dalam perjalanan , waktu berbaring dan bangun . ( pertemuan – pertemuan yang tidak formal ) .
Bahan Sharing :
1. Sudahkah kepala Rumah Tangga kita berperan sebagai seorang yang takut akan Tuhan dan sangat mencintai Firman secara mendalam ?
Carilah solusi bagi persoalan yang ada .

2. Sharingkan tentang kesulitan dalam mengaplikasikan Firman Tuhan berdasarkan artikel diatas .
0 Responses

Posting Komentar