GBI Ponorogo
       Berdasarkan Yohanes 15 : 7 yang berkata “ Jikalau kamu tinggal dalam aku dan Firman-Ku tinggal di dalam kamu , mintalah apa saja yang kamu kehendaki dan kamu akan menerimanya “, pasti kita akan mengajukan banyak permintaan untuk memenuhi kebutuhan kita dan orang lain.Namun sangat disayangkan banyak diantara kita yang meyakini kebaikan Tuhan untuk memberkati kita, pemahaman tentang keberadaan kita dalam Dia dan Dia/firman-Nya kurang jelas kita tangkap dan mengerti .  Gambaran kapas dalam air dan air dalam kapas atau timba dalam air dan air dalam timba di sumur,sering dipakai pengkhotbah untuk menjelaskan pemahaman di atas .
      Namun tetap saja kabur pengertiannya . Agar menjadi jelas , kita musti melihat apa yang kita baca dalam 1 Yohanes 3 : 22 -2 4 ( Baca ! ) . Dijelaskan bahwa bila seseorang ada dalam Allah dan Allah dalam dia,maka ia menuruti perintah-perintahNya yaitu , percaya pada nama Yesus Kristus anak Allah dan hidup saling mengasihi.
I Percaya pada Yesus Tuhan .
Bila kita percaya pada Kristus ada 2 hal penting yang terjadi :

1. Kutuk keturunan terpatahkan . Salah satu dari 10 perintah Allah dalam Ulangan 5 : 7 - 9 menjelaskan bahwa kutuk keturunan yang ketiga dan keempat akan ditimpakan kepada para bapak yang menyembah berhala. Namun Galatia 3:13 berkata bahwa Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan menjadi kutuk karena kita dan ini berarti kita telah dibebaskan dari kutuk dan sebaliknya kita yang ada dalam Dia menerima berkat Abraham.
2. Kutuk perbuatan digantikan dengan berkat.
Di dalam Ulangan 27:11-26 disebutkan beberapa larangan seperti tidak boleh menyembah berhala,memandang rendah orang tua,menggeser batas tanah sesamanya, menyesatkan orang buta,memperkosa hak orang asing,anak yatim dan janda,tidur dengan istri ayahnya,tidur dengan binatang,tidur dengan saudaranya perempuan,anak ayah atau ibunya,tidur dengan mertuanya,membunuh sesamanya secara tersembunyi,menerima suap,membunuh orang yang tidak bersalah,tidak menepati perkataan hukum taurat dengan perbuatan.Bila larangan tersebut dilanggar,maka kutuk akan terjadi dan sebaliknya bila ditaati , perintah-Nya , berkat akan dicurahkan.Kita juga bisa mempelajari ayat-ayat lain seperti Kejadian 12 : 2 - 3 yang berbicara tentang larangan untuk mengutuki orang yahudi; Yeremia 17:5-6 larangan untuk mengandalkan diri sendiri;Zakaria 5:1-4 ,larangan untuk mencuri,apalagi merampok (Maleakhi 3:8-11 ) dan bersumpah palsu.

II. Saling mengasihi . Bila kita saling mengasihi dan hidup rukun,berkat akan tercurah . Bila sebaliknya yang terjadi,maka kutuk yang akan diberikan.Maleakhi 4 : 6 sebagai contoh , hati bapak-bapak harus kembali pada anak-anak . Bila tidak ,Tuhan sendiri akan memukul bumi dengan kutuk .

            Bahan Sharing :
1. Sebutkan hal-hal yang masih kita langgar yang menyebabkan terjadinya kutuk !
2. Apakah yang harus kita lakukan agar hal saling mengasihi terjadi dalam keluarga dan gereja kita ?
0 Responses

Posting Komentar