GBI Ponorogo
Dalam perumpamaan Penabur, Yesus mengajarkan bahwa benih bisa bertumbuh dan berbuah lebat bergantung pada tempat benih itu jatuh. Pada tepi jalan, benih tidak bisa bertumbuh karena tidak ada tanahnya sehingga burung sebagai gambaran roh jahat akan memakannya sampai habis. Benih adalah Firman Tuhan yang ditaburkan dalam hati manusia yang tidak mengerti Firman itu. Ketidak mengertian bisa terjadi karena seorang belum lahir baru (1 Petrus 2:1-2-baca!),  tidak mau memperbarui pikirannya (Roma 12:1) dan meneliti dengan baik (Yakubus 1:25). Benih bisa terjatuh pada tanah yang berbatu sehingga pada waktu tumbuh tidak berakar dan cepat mati karena tersengat matahari yang merupakan gambaran penindasan dan penganiayaan karena Firman itu. Seorang yang tidak mendalam dalam Kristus dengan cara memahami Firman dengan baik dan mempraktekkannya akan gampang goyah dan menjadi murtad. Benih bisa jatuh di tanah yang beronak duri sehingga pada saat bertumbuh terhimpit oleh onak duri yang merupakan gambaran dari kekuatiran, tipu daya kekayaan dan kesenangan hidup (kesukaan mata, daging dan keangkuhan hidup (1 Yohanes 4:4). Kekuatiran bisa diatasi dengan doa, permintaan dan ucapan syukur (Filipi 4:6); tipu daya kekayaan bisa ditangkal dengan pemahaman Firman bahwa kunci kebahagiaan bukan dari keuangan yang melimpah tetapi dari Tuhan sendiri yang memberikan damai dan sumber damai itu sendiri (Filipi 4:9); kesenangan hidup bisa ditangkal dengan kesukaan dalam Tuhan(Roma 14:17 ).
Mengenal Yesus sebagai Tuhan, hidup saling mengasihi dan memiliki hubungan yang intim dengan Roh Kudus adalah kunci untuk menikmati kehidupan berlimpah, penuh damai dan sukacita.
Benih Firman Tuhan yang jatuh di tanah yang baik akan bisa membuat kita bertumbuh dan berbuah 30,60 dan 100 kali ganda. Contoh yang sangat baik ditunjukkan oleh kehidupan pengikut Kristus yang tercatat dalam Kisah Para Rasul 2:41-43. Mereka BERTEKUN dalam pengajaran rasul-rasul (Firman), persekutuan/persahabatan, doa, pemecahan roti dan pelayanan yang disertai dengan tanda-tanda dan mukzijat. 
.

BAHAN SHARING :

Termasuk jenis tanah yang manakah kita dan sharingkan kendala dan solusi yang bisa kita peroleh.
0 Responses

Posting Komentar