GBI Ponorogo
Berdasarkan 1 Timotius 6:11-20, Paulus memberikan nasihat secara khusus kepada Timotius mengenai kehidupan pribadi dalam pelayanannya .
Penasihatan itu antara lain :
1.     Meneguhkan Timotius sebagai manusia Allah.
-  Manusia Allah adalah manusia kepunyaan Allah, yang harus menjauhkan diri dari hal-hal yang jahat dan mengejar hal-hal yang baik yaitu keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan. (1 Timotius 6:11 Baca !)
-  Manusia Allah harus mengalami pembaruan hidup, seperti yang dicontohkan di dalam perumpamaan “ Anggur yang baru di isikan kedalam kantong kulit yang tua/lama ”. Untuk menjaga supaya kantong lama itu tidak koyak harus melewati proses pembaruan antara lain :
-  dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel
-  dicuci/direndam dalam air selama beberapa hari
-  dijemur dalam terik matahari
-  diolesi dengan minyak zaitun supaya lentur
Demikian pula untuk mengalami perubahan hidup harus masuk dalam proses pembaruan, dibersihkan dari hal-hal yang kotor/jahat, mencintai Firman Tuhan, rela menderita dan dipenuhi dengan Roh Kudus.
2.     Memperjuangkan Iman yang benar.
1 Timotius 6:12a berkata “ Bertandinglah dalam pertandingan Iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal ”. Kita harus memperjuangkan Iman kita sampai meraih kehidupan yang kekal.
3.     Menuruti perintah Tuhan dengan tidak bercacat cela.
Ayat 14 berkata “ Turutilah perintah ini dengan tidak bercacat dan tidak bercela hingga pada saat Tuhan kita Yesus Kristus menyatakan diri-Nya ”. Ayat ini menjelaskan bahwa orang percaya harus selalu menantikan dan mengharapkan kedatangan Kristus kembali selagi kita hidup dengan tidak bercacat cela.
4.     Memperingatkan kepada orang-orang kaya supaya tidak sombong dan tidak mengandalkan kekayaannya (sesuatu yang tidak menentu), namun tetap terus berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi. Dengan demikian, mereka mengumpulkan harta/kekayaan untuk mencapai hidup yang sebenarnya. (ayat 17 -18 Baca)
5.     Memelihara apa yang telah dipercayakan kepada kita.
Ayat 20 menjelaskan supaya kita tetap menjaga/memelihara dengan baik apa yang sudah dipercayakan oleh Tuhan kepada kita yaitu Iman kita dan selalu mempertahankan kebenaran yang berharga, yaitu injil Kristus.

BAHAN SHARING :

Berdasarkan artikel diatas adakah hal-hal yang perlu dibenahi dan tingkatkan untuk meraih hidup yang berkwalitas dan kehidupan kekal ?
0 Responses

Posting Komentar