GBI Ponorogo
GENERASI AKHIR ZAMAN (YOEL 2:1-11)
                                Oleh : Pdt. Efendi

Dalam memasuki hari-hari yang terakhir, setiap orang percaya siap atau tidak siap harus menjadi tentara/prajurit Tuhan, supaya terhindar dari hukuman Allah atas semua kejahatan pada akhir zaman.
Berdasarkan Yoel 2:1-11 Nabi Yoel memperingatkan kepada kita bahwa hari Tuhan itu sudah dekat, dan ketika itu gelap gulita dan kabut yang pekat, bumi bergetar, langit bergoncang, matahari dan bulan menjadi gelap dan bintang-bintang menghilangkan cahayanya (ayat 2,3,10 – baca !). Sebagai prajurit/ tentara Tuhan harus memiliki sikap atau mental prajurit, antara lain :
1.     Melangkah untuk maju. Ayat 7 berkata “Seperti pahlawan mereka berlari, seperti prajurit mereka naik tembok; dan mereka masing-masing berjalan terus dengan tidak membelok dari jalannya; ”
2.     Menerobos pertahanan musuh. Ayat 8 berkata bahwa seorang prajurit harus bergerak maju, berjalan terus menerobos pertahanan musuh, bahkan tidak mengenal lelah, dan tidak melepaskan ikat pinggang dan tali kasutnya Yesaya 5:27 berkata,” Tiada yang lelah dan tiada yang tersandung di antaranya; mereka tidak terlelap dan tidak tertidur, tidak terlepas ikat pinggangnya dan tali kasutnya tidak terputus; ”
3.     Menyerbu musuh. Ayat 9 berkata bahwa, seorang prajurit harus pantang menyerah. Mereka menyerbu musuh dari berbagai penjuru, kedalam kota, berlari ke atas tembok, memanjat kedalam rumah-rumah, masuk melalui jendela-jendela sampai memperoleh kemenangan.
4.     Melaksanakan perintah dengan berani. Suara Tuhan mengguntur, memberi aba-aba kepada angkatan perang-Nya. Betapa besar jumlah laskar-Nya. Betapa kuat tentara yang melaksanakan perintah-Nya . Sungguh dahsyat dan hebat hari Tuhan. Tak seorang pun dapat bertahan ayat 11 dalam Alkitab BIMK berkata, “Suara Tuhan mengguntur, memberi aba-aba, kepada angkatan perangnya. Betapa besar jumlah laskarnya! Betapa kuat tentara yang melaksanakan perintah-Nya! Sungguh dahsyat dan hebat Hari Tuhan! Tak seorang pun dapat bertahan. ”
Kalau mental prajurit ada dalam kehidupan orang-orang percaya, maka kita akan mengalami hal-hal supra alamiah seperti janji Tuhan.

BAHAN SHARING :

Bagikan kisah yang menunjukkan mental prajurit yang pernah kita lihat atau alami.
0 Responses

Posting Komentar