GBI Ponorogo
" ST E P S  T O  A  M I R A C L E."
( Langkah -Langkah Mukjizat)

     Ada banyak orang yang meragukan adanya mukjizat di abad modern ini.Seorang pernah berkata bahwa dalam peristiwa mukjizat dari 5 roti dan        2 ikan,orang-orang yahudi yang dikenal pelit,karena malu melihat seorang anak kecil yang memberikan makanan-nya, mereka mengeluarkan perbekalan masing-masing. Namun bagi kuta yang beriman,mukjizat terjadi pada saat roti dan ikan itu dibagikan setelah Yesus memecahkan dan memberkati makanan itu.Mukjizat masih ada!

      Dalam kisah yang tercatat dalam 2 Raja-Raja 4:1-7 tentang seorang janda nabi yang ditinggal suaminya, ditinggali hutang dan kedua anaknya terancam untuk dijadikan budak,kita bisa belajar, namunbagi kita beberapa hal untuk dilakukan,yaitu :

1 Mencari seseorang yang tepat kepada siapa kita mencurahkan isi hati (1).Janda nabi itu datang kepada nabi Elisa yang bisa memberikan petunjuk. Amsal 24:6 menasihatkan kita bahwa peperangan bisa dimenangkan karena adanya perencanaan yang baik dan adanya banyak PENASIHAT yang BIJAK.

2.Memanfaatkan apa yang kita punya.( 2). Sang janda hanya punya minyak sedikit dalam buli - buli,Simson punya rahang keledai,Daud punya ketapel,si kecil punya 5 roti dan dua ikan.


3.Mencari banyak bejana.(3).Tidak adanya bejana lagi membuat minyak berhenti.Bejana bisa berbicara tentang orang- orang yang kita layani,dan kuasa Tuhan akan terus dinyatakan pada saat ada orang orang yang terus kita layani.Jangan berhenti melayani.
4.Menghargai otoritas dan melakukan perintah untuk bekerja sama dalam doa dan karya( 4-6).Sekalipun tidak rasional,si janda dan kedua anak- nya masuk kamar, tentunya berdoa terlebih dahulu (Matius.6:6), dan bekerja sama. Mukjizatpun terjadi dengan terus mengalirnya minyak yang dituangkan si janda dari bejana ke bejana. Perlu adanya perenungan yang mendalam tentang adanya rasa hormat dan kepatuhan terhadap otoritas kita ( belajarlah dari sikap para santri yang ditanamkan sejak dini kepada para kiayi mereka), kesepakatan dalam doa dan kerja kita dalam komunitas yang ada.
5.Membereskan hal-hal sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan.(7) Setelah si janda diberkati,dinasihatkan oleh nabi Elisa untuk membayar lunas hutangnya. Zakeus membagikan separuh hartanya kepada orang miskin dan mengembalikan 4 x lipat kepada orang-orang yang diperasnya.
Bahan Sharing :
  Sharingkan hal-hal pelik yang membutuhkan mukjizat dengan mengaplikasikan langkah langkah diatas.

0 Responses

Posting Komentar