GBI Ponorogo
"DOA YABES YANG BERKUASA."
( 1 TAWARIKH 4 : 9 – 10 )
Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: "Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan."( 9 ); Yabes berseru kepada Allah Israel , katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.( 10 ).

Sebagai orang percaya, kita meyakini bahwa sesuai dengan yang dikatakan dalam Yakub 5 : 16b , doa orang benar besar kuasanya. Yabes yang artinya dilahirkan dalam penderitaan,adalah contoh orang yang doanya berkuasa dalam arti dijawab oleh Tuhan dan dia dimuliakan lebih dari saudara-saudaranya. Isi doanya adalah permohonan untuk diberkati dengan limpah, diperluas daerahnya disertai dan dilindungi oleh Tuhan dari yang jahat / malapetaka.
Walau kita ingin mengalami seperti yang dialami oleh Yabes, pada kenyataannya ada banyak yang tidak mengalami. Berdasarkan terang Firman Tuhan, dalam Yesaya 59 : 1 – 2, penyebabnya adalah pertama kita tidak berdoa , kedua motivasi doa kita yang salah ,yaitu untuk memuaskan hawa nafsu , dan adanya kesalahan - kesalahan dalam kehidupan kita. Selain, motivasi yang salah, kesalahan bisa berupa salah ucap ( Yakobus  3 :  2, 8 ) ; salah berpikir (  Filipi 4 : 7 – 8 ) ; salah dalam  bersikap dalam hati ( Mazmur 66 : 18 ). Mari kita ingat kembali daftar dosa dalam Galatia 5 dan Markus 7 :
- percabulan                          - perselisihan              
- kecemaran                           - iri hati
- hawa nafsu                          - amarah
- penyembahan berhala       - kepentingan diri sendiri
- sihir                                       - percideraan
- perseteruan                         - roh pemecah
- kedengkian                          - kemabukan

- pesta pora                           - dan sebagainya
0 Responses

Posting Komentar