GBI Ponorogo
====================================================
“ MENJADI ORANG YANG BERGUNA “
( Filemon 1 : 1 – 21 )

Bacaan : Filemon 1 : 11
“ Dahulu memang dia tidak berguna bagimu, tetapi sekarang sangat berguna baik bagimu maupun bagiku.”

          Onesimus adalah seorang tokoh yang dapat menjadi panutan bagi kita semua, dari seorang yang  diubah oleh Tuhan menjadi orang yang berguna. Berdasarkan kisah yang dialami oleh Onesimus yabg tercatat di dalam Filemon 1 : 1 – 21, setidaknya ada 3 hal yang harus dilakukan supaya menjadi orang yang berguna ( 3 M ) :
M 1 : Menghargai kebaikan Tuhan .
          Kalau bukan karena kebaikan Tuhan , Onesimus tidak mungkin diubahkan kehidupannya dari masa lalu yang kelam melewati pelayanan Paulus sehingga menjadi pengikut Kristus yang berguna ( Filemon 1 : 10. Baca !)
M 2 : Menghargai kebaikan otoritas.
          Sebagai mentor, Paulus berusaha untuk memperdamaikan dia dengan Filemon dengan cara memuji sebagai anak, buah hati yang akan sangat berguna bagi Filemon dan menanggung kerugian secara penuh akibat ulah Onesimus ( Filemon 1 : 11 – 21. Baca! )
          Untuk menghargai kebaikan otoritas, berdasarkan Titus 2 : 9 – 10, ada beberapa sikap yang harus terus diusahakan dilakukan dalam proses pembentukan karakter, yaitu :
          - taat dalam segala hal
          - menyenangkan
          - tidak membantah
          - tidak curang
          - tulus
          - setia
M 3 : Menghargai kebaikan orang yang mengampuni dan mau berdamai.
          Paulus mengingatkan kepada Filemon tentang sikap orang Kristen terhadap sesamanya, yaitu untuk hidup dalam kasih, pengampunan dan saling menghargai. Dengan sangat berharap dan yakin, Filemon akan mau menerima Onesimus kembali. Kesediaan Filemon untuk mengampuni dan berdamai ini harus dihargai oleh Onesimus.


0 Responses

Posting Komentar