GBI Ponorogo
“  TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya;
apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya. “

          Orang yang berkenan kepada Tuhan adalah orang yang melakukan kehendak Tuhan, selaras dengan Tuhan, dan sesuai dengan keinginan Tuhan.
Untuk menjadi orang yang berkenan kepada Tuhan beberapa hal yang harus dilakukan adalah :
1. Meninggalkan tabiat – tabiat yang berdosa.
          Roma 8 : 8 berkata , “ Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.” Daftar keinginan daging / tabiat manusia berdosa yang harus ditinggalkan , tercatat di dalam Galatia 5 : 19 21 dan Markus 7: 20 22. Firman Tuhan menegaskan , “ Barangsiapa melakukan hal – hal demikian tidak mendapat bagian di dalam kerajaan Surga “. Galatia 5 : 21. Baca!
2. Menyerahkan diri untuk dituntun oleh  Roh Kudus.
          Roma 8 : 5 berkata “ Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging;   mereka yang hidup menurut Roh  , memikirkan hal-hal yang dari Roh “.Oleh sebab itu kita harus belajar mendengar suara Roh Kudus yang tidak bertentangan dengan Firman Tuhan.
3. Mengandalkan Roh Kudus.
          Karena ketidakberdayaan daging, Roma 8 : 3 menjelaskan bahwa dia sendirilah yang melakukan perintah Tuhan. Filipi2 : 13 secara gamblang menjelaskan bahwa Allah Roh Kuduslah yang membangkitkan minat dan kemampuan untuk melakukan hal – hal yang menyenangkan Dia. Trejemahan BSD berkata : “ Allah sebdiri sudah menolong kalian , Ia bekerja di dalam diri kalian supaya kalian tulus dan mampu menyenamgkan hati-Nya. “
4. Memikirkan hal – hal yang diatas.
          Mengingat pikiran adalah lahan peperangan rohani bersasarkan 2 Korintus 10 : 5 berkata, “Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran  dan menaklukkannya  kepada Kristus,kita harus membiasakan diri memikirkan hal – hal yang diatas, yang adalah firman itu sendiri. Semua yang bertentangan dengan Firman Tuhan harus secara tegas kita tolak.
Contoh orang yang berkenan pada Tuhan adalah Daud yang memiliki hubungan intim dengan Tuhan ( Mazmur 119 : 164 ), selalu bertanya pada Tuhan untuk keputusan yang dia ambil ( 1 Samuel 23: 2,4 )) dan pada saat melakukan pelanggaran, dia mau merendahkan diri untuk mau ditegur dan bertobat ( 1 Yohanes  :9 )
Hasil perkenanan Tuhan, Pengkhotbah 2 : 26a, menjelaskan bahwa hikmat, pengetahuan dan sukacita menjadi hak kita.

Bahan Sharing :
Berdasarkan artikel diatas apa yang perlu kita tingkatkan agar menjadi orang yang berkenan pada Tuhan dalam mengarungi tahun 2017 yang penuh tantangan ini ?


0 Responses

Posting Komentar