GBI Ponorogo


                                                 “ IMAN UNTUK MENGUSIR ROH JAHAT ”

Seringkali kita bertanya mengapa ada orang yang mampu mengusir roh-roh jahat, tetapi ada juga yang tidak. Pertanyaan ini terjawab dalam Markus 9:14-29. Intinya, baik dari yang mengusir maupun orang yang membutuhkan pertolongan harus punya iman.
Kepada murid-murid dan orang-orang disekitarnya, dengan keras Dia menegor,
“ Hai kamu angkatan yang tidak percaya, berapa lama lagi Aku harus tinggal diantara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? ” (Markus 9:18)
Waktu Ia mendengar jawabAN ayah anak yang dirasuk roh jahat, “ jika engkau dapat berbuat sesuatu, tolong dan kasihanilah kami,” lagi-lagi Dia menekankan perlunya iman,
“ Jika engkau dapat percaya (If you can believe - NKJV), tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya.” (Markus 9:23)
Keragu-raguan seringkali menguasai kita, seperti pernyataan ayah anak itu,
“ Jikalau Engkau dapat” dan
“ Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya.”
Untuk mengatasi kurangnya iman, Alkitab memberikan solusi sebagai berikut

1.      Milikilah iman yang datang dari pendengaran oleh Firman Allah (Roma 10:17) dan perbaruilah akal budi kita sesuai dengan Firman-Nya (Roma 12:2).

Ilustrasi yang membawa kita pada pemahaman ini adalah gelas yang berisi air keruh akan menjadi jernih bila diisi terus menerus dengan air bersih.
Kecintaan kita terhadap firman dengan cara membaca dan merenungkannya siang dan malam akan membersihkan cara berfikir kita yang salah karena pengaruh dunia.

2.      Menaklukkan pikiran kita kepada Kristus

Segala sesuatu pemikiran yang tidak alkitabiah harus disingkirkan jauh-jauh dan selaraskan dengan apa yang dikatakan oleh Firman Tuhan (II Korintus 10:5b)

3.      Melibatkan Roh Kudus untuk mengerti kehendak Allah (Roma 8:26-27)

Roh Kudus yang ada didalam kita membantu kita dalam kelemahan kita karena kita tahu apa yang seharusnya kita doakan, dan Roh yang berdoa untuk orang-orang kudus menyesuaikan doa-Nya dengan kehendak Allah.

Selain iman, perlu di tambahkan satu hal yang tidak kalah pentingnya bahwa roh jahat tertentu hanya bisa diusir dengan doa dan puasa (Markus 9:29)

BAHAN SHARING :

1.     Bagikan pengalaman dalam mengatasi keragu-raguan dalam menghadapi persoalan dan jalan keluar yang ditempuh.

2.     Bagaimanakah cara meningkatkan kecintaan kita terhadap Firman Tuhan dan ketergantungan kita kepada Roh Kudus dalam menghadapi tekanan hidup ?

0 Responses

Posting Komentar