GBI Ponorogo
“ INDAHNYA KIDUNG INI “

Indahnya kidung yang kita nyanyikan
Bukan hanya pada musik, makna dan rangkaian nadanya
Namun pada hati yang tulus dan iman yang ada
Mari datang memuliakan-Nya
Engkaulah berita, biar smua mengenal, Yesusku /
Engkaulah sgalanya didalam hidupku, Yesusku
Hanya Kau yang layak dipuji disembah, Yesusku

Dalam lagu “ Indahnya Kidung “, penulis ingin menyampaikan bahwa keindahan sebuah kidung tidak hanya terletak pada manisnya melodi dan aransemen musik yang mewarnainya. Namun yang tidak kalah pentingnya dan hal-hal ini sering dilupakan bahkan dianggap remeh adalah

1.      Makna Kidung Tersebut         :

Sebenarnya, sebuah lagu menurut kolose 3:16 dipakai sebagai sarana untuk mengajar dan menegur diantara umat Tuhan. Dalam terjemahan N.K.J.V (New King Jame Version), ayat diatas berkata “ Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaan-Nya diantara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dalam ( BUKAN SAMBIL) Mazmur, kidung dan nyanyian rohani .......” 

2.      Sikap Hati                            :
                    
Sikap hati yang benar seorang yang melantunkan sebuah kidung, ditunjukkan oleh Raja Daud penulis Mazmur, dalam Mazmur 100:1-5. Memasuki pintu gerbang-Nya, seseorang harus memiliki hati yang bersyukur dan halaman-Nya seseorang harus memiliki hati yang dipenuhi dengan puji-pujian, termasuk sorak sorai (a joyful shout/teriakan sukacita).

Karena Raja Daud mengarahkan perhatian kita kepada pola ibadah Perjanjian Lama di padang gurun (Tabernakel), tidaklah  salah bahwa kita harus meningkatkan pemahaman tentang sikap hati pada waktu memasuki ruang maha kudus seperti yang tertulis dalam Ibrani 10:19-22. Untuk memasukinya, dibutuhkan hati yang penuh keberanian melalui / oleh DARAH YESUS (ayat 19). Hati yang tulus (true heart / bersih dan jujur) dan keyakinan iman yang teguh (full assurance of faith) dalam menghadap Allah. Bila kita benar-benar ingin menjadi pemuji dan penyembah yang sejati, ketiga sikap hati tersebut diatas tidak bisa diabaikan dan nikmatilah hadirat Tuhan dan rasakan kebaikan-Nya yang luar biasa.

BAHAN SHARING :

1.      Berikanlah contoh lagu dunia dan rohani yang maknanya perlu dipertanyakan

2.      Sharingkanlah sikap hati yang tidak benar yang menghalangi pujian dan penyembahan kita, dengan melihat pada Markus 7:20-23


0 Responses

Posting Komentar