GBI Ponorogo

Jemaat yang Penuh Kasih dan
Tanggung Jawab

Seringkali pada waktu ditanya apakah kita mengasihi Tuhan, jawabnya ya.Bahkan tanpa ragu,sadar atau tidak,kita menyanyikan kasih itu. Namun pada waktu bercermin pada pemahaman apa kasih itu sesuai dengan yang tertulis dalam I Korintus 13:1-13 ,kita akan terperangah dan menyadari betapa rendahnya kwalitas kasih kita. ( Bacalah ayat-ayat yang bisa kita nyanyikan dalam lagu “KASIH” berulang-ulang ).
Kasih dan tanggung jawab tidak bisa dipisahkan. Tanggung jawab kita lakukan dengan kasih sebagai buah karya Roh Kudus , bukan kekuatan sendiri. Tanggung jawab juga tidak kita lakukan berdasarkan perasaan yang berubah-ubah. Namun dengan “ajeg”/ terus menerus kita lakukan dengan iman yang bekerja oleh kasih.
Hal-hal apakah yang perlu kita pahami pada saat kita berbicara tentang kasih ?
1.Allah mengasihi kita.Dengan cara apakah Dia mengasihi kita,dengan mengutus Anak-Nya Yesus kedalam dunia  supaya kita hidup oleh-Nya dan sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. Kita mengasihi Allah sebab Dia lebih dahulu mengasihi kita.( I Yoh 4:9,10,19 ). Marilah kita pahami dan berdoa seperti Paulus berdoa supaya Ia memberikan kepada kita roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar dan mata hati kita terang untuk mengerti besarnya pengharapan yang terkandung dalam panggilanNya ( Efesus 11:17-18 ). Pahami, alami, rasakan kasih Nya yang rela mati secara mengerikan untuk kita ketika kita masih berdosa.
2.Perintah untuk saling mengasihi. Yohanes 13:34-35 berbicara tentang perintah yang harus dilakukan ,bukan undangan .Perintah tersebut akan menjadi sakit apabila kita tersakiti,kecuali kita memintah anugerah (Kemampuan Ilahi ) Nya   ( Filipi 2:13 ). Pengampunan yang dilepaskan akan membuka pintu  berkat seperti yang diajarkan Yesus dalam doa “Bapa Kami”.
3.Kasih dalam perbuatan dan kebenaran. I Yohanes 3:16-18 mengajarkan agar seperti Kristus yang berkorban bagi kita sampai mati di kayu salib ,kita pun wajib berkorban untuk sesama ,  dimulai dengan korban harta duniawi kita kepada yang berkekurangan tanpa pamrih dan kesombongan .

Bahan Sharing     :

1.Bagikan pengalaman anda pada saat merasakan kasih Tuhan yang memberikan diriNya mati bagi dosa-dosa kita dan kasih Nya dalam wujud jawaban atas doa-doa kita!
2.Bagikan pengalaman  waktu kita melepaskan pengampunan pada orang yang melukai kita dan berkat-berkat yang kita terima selanjutnya!

1 Response
  1. Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31, sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

    Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha

    Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha "

    Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

    Diucapkan juga kalimat berkat seperti ini setelah diucapkannya Shema

    " . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
    ( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )

    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜✍🏼🕯️❤️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🦁🦅🐂🐏🐑🐎🦌🐪🕊️🐍₪🇮🇱


Posting Komentar