GBI Ponorogo

“ Kristen Jiwani Menjadi Rohani ”

Kebanyakan orang mengganti namanya dengan harapan supaya bisa menjadi seperti nama yang di pakai .Sebagai contoh ada orang bernama jawa “ MUKIAT ASNOGO ”             ( Mulane Ping Kiat,asli cino Ponorogo ) berganti nama menjadi Thomas Soriton.Dalam pengakuannya ,sebelum percaya, dia bersifat seperti Thomas yang tidak gampang percaya dan ingin menjadi pengajar seperti Soriton gurunya.Namun memang ada orang-orang yang mengganti nama asal-asal saja seperti “cikrak”,“bluweg”, “tletong”, “gombloh”,dan lain-lain.
Demikian pula ada banyak orang memakai nama Filipus agar bisa meneladani tokoh ini dan cukup berhasil seperti Filip Mantova,Filipus Edy, Philip Hadi.Namun,harus diakui bahwa banyak juga yang gagal,bahkan tersandung kasus-kasus criminal dan di jebloskan ke penjara. Setelah diselidiki,duduk persoalannya adalah kerinduan penyandang nama tersebut hanya punya keinginan,tapi tidak mau menjalani proses perubahan. Filipus pernah gagal,sebab dia bergantung pada akal budinya(Kristen Jiwani/ jiwa terdiri dari akal,perasaan,dan kemauan ) pada waktu Yesus menguji dia untuk merespon krisis pangan yang terjadi .Katanya, “ Uang 200 dinar tidak cukup untuk memberi makan mereka sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja” ( 1dinar upah sehari untuk seorang pekerja).Namun setelah Yesus mengajarkan prinsip-prinsip untuk membuat mukjizat ( prinsip pikiran positif,penyerahan, doa ucapan syukur, kerja sama,dan memberi), Filipus berubah total karena belajar matematika Yesus 5+2= lebih dari 5000.
Perubahan total Filipus bisa dibuktikan pada waktu dia bertemu dengan sida-sida (keturunan bangsawan) dalam Kisah Para Rasul 8:26-39. Dalam kisah itu kita menyimpulkan bahwa :




1. Filipus bersentuhan dengan malaikat dan Roh Allah. Dia taat akan tuntunan Allah lewat malaikat maupun Roh Kudus. Sudahkah kita sadar bahwa anak Allah adalah  anak yang dipimpin oleh Roh Allah ?          (Roma 8:14) Mintalah terus tuntunanNya tiap saat.
2. Filipus belajar Firman Allah sehingga mampu membimbing si sida-sida.     ( Kis 8:35).
3. Filipus adalah orang terkenal baik , penuh Roh Kudus dan hikmat        (Kis 6:3).Sebelum dipilih untuk menjadi salah satu dari tujuh pelayan meja  (pelayanan sosial),   dia sudah memenuhi kriteria pemilihan.Dalam peristiwa yang mempertemukan dia dengan sida-sida itu,kebaikan hatinya terbukti lagi dengan kesiapannya untuk membimbing dan membaptis si sida-sida.
Kesiap sediaan Filipus menjalani proses pertumbuhannya membuat dia diberkati dengan memenangkan si sida-sida,disertai Tuhan dengan tanda-tanda ajaib dalam pelayanannya,diraibkan oleh kuasa Roh Kudus, dan ke empat anak daranya beroleh karunia nubuat. ( Kis.8:4-8 ,38,39 ,Kis 21:9 )

BAHAN SHARING   :

1.Bagikan pengalaman untuk menjadi
   pembelajar Firman yang baik dan 
   pelayan yang peka mendengar suara Roh  Kudus.

2.Wujudkan kebaikan hati kita dengan berkaca pada sikap Mpok Atik si moslem ,sikap sosial pemilik warung pada mahasiswa miskin,dan gerakan kelompok “Kana” yang mempersembahkan uang sebesar Rp.5.000.000, untuk pembangunan gereja.
0 Responses

Posting Komentar