GBI Ponorogo



      “ MENJADI PENYEMBAH YANG SEJATI”

            Penyembah yang sejati adalah seseorang yang menyembah Tuhan didalam roh dan kebenaran ( Yoh 4:24 ),Dia menghampiri Allah dengan hati yang sungguh-sungguh berdasarkan kebenaran dan ajaran Firman Tuhan.
           Untuk menjadi penyembah sejati , ada dua kendala / halangan yang perlu kita atasi, yaitu :

1.HATI YANG JAUH DARI TUHAN.
Banyak ibadah penyembahan yang dilaksanakan hanyalah sekedar upacara keagamaan / rutinitas / kebiasaan, sedangkan hati jemaat jauh dari Dia.  Yoh 4:20-21   menjelaskan :- Gunung , (Yosua 8:33-35) - Yerusalem ( 1 Raja-raja 5-8, 2 Taw 2-5 ), merupakan tempat pusat penyembahan bagi bangsa Israel ( Kerajaan Israel utara- ibukotanya samaria ) dan bangsa Yahudi, ( Kerajaan Israel selatan, Ibukotanya Yerusalem). Mereka beribadah dan mengikuti semua acara keagamaan mereka sebagai suatu kebiasaan tetapi hati mereka jauh dari Tuhan. Dalam MARKUS 7:5-8 ,Yesus berkata “Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya ,padahal hatinya jauh dari padaKu”. Dalam MATIUS 23:13-36 : orang-orang farisi dan ahli-ahli taurat lebih menekankan hal-hal lahiriah didalam kehidupan mereka daripada sikap hati / motivasi yang benar dihadapan Allah. Tuhan Yesus mengecam semuanya itu

2.TIDAK MENGENAL ALLAH YANG BENAR
Perempuan samaria dalam kisah ini menyembah apa yang tidak dikenalnya , sehingga hidupnya tetap dalam dosa perzinahan ( pelanggaran hukum Allah yang ke7,dari sepuluh hukum taurat yang harus ditaati). Mungkin dengan berbagai alasan ( karena lingkungan pergaulan,masalah ekonomi,rumah tangga,jabatan,status,dll ). seseorang tetap hidup kompromi dengan dosa , tetapi apapun alasannya ,upah dosa adalah MAUT,sedangkan kasih karunia Allah adalah hidup kekal didalam Yesus Kristus (Roma 6:23).  Kristus lah Tuhan Juru Selamat yang mati dan bangkit membenarkan kita.
Sepanjang sejarah Alkitab,Allah memperkenalkan diri-Nya kepada manusia dengan berbagai nama yang menunjukkan / sifat-sifat Allah , antara lain : 
A YEHOVA ROHI                  : Tuhan adalah gembala ku                                                                                                 b. YEHOVA JIREH                : Tuhan yang menyediakan                                                                                                       c. YEHOVA NISSI                 : Tuhan panji keslamatan ku                                                                                                 d. YEHOVA SYALOM          : Tuhan adalah damai sejahtera                                                                                            e. YEHOVA TSIDKENU       : Tuhan keadilan kita                                                                                                   f. YEHOVA SYAMMA  : Tuhan hadir disitu                                                                                                             g. YEHOVA RAPHA     : Tuhan menyembuhkan
h. YEHOVA M’KADDEHS   : Tuhan menguduskan
Daniel 11 : 32b Umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan akan bertindak.
          Adapun berkat-berkat Allah bagi penyembah yang sejati adalah sebagai berikut :
1.  Keselamatan kekal ( Yohanes 4 : 22 )
2.  Perlindungan sempurna ( Mazmur 91 : 14 )
3.  Karunia-karunia Roh Kudus dinyatakan untuk memberikan penghiburan,semangat dan kekuatan
     (1 Korintus 14 : 26 ,  2 Korintus 1 : 3-4 )
4.  Doa yang dijawab oleh Tuhan
5.  Sukacita yang melimpah ( Mazmur 122 : 1 ) dan lain-lain.
0 Responses

Posting Komentar