GBI Ponorogo

 “ UPAH MENGIKUT YESUS ”

Pernyataan Petrus kepada Yesus , “ Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau,jadi apakah yang akan kami peroleh ? ” adalah tanggapan terhadap dialog antara pemuda kaya dan Yesus. Pada waktu Yesus memberikan pengertian kepadanya agar menjual seluruh hartanya dan memberikan kepada orang-orang miskin untuk menjadi sempurna dan memperoleh hidup yang kekal , si pemuda sedih dan enggan meninggalkan hartanya yang banyak itu. Dia terikat dengan hal-hal lahiriah. Sebaliknya , Petrus yang merasa sudah meninggalkan segala sesuatu,ingin secara wajar memperoleh hal-hal yang di berikan oleh Yesus , selanjutnya , Yesus menambahkan pemahaman bahwa segala sesuatu itu berkaitan dengan meninggalkan rumah , saudara lelaki atau perempuan atau bapak atau ibu atau istri, anak-anak atau ladang karena nama Nya. Bisa di simpulkan bahwa demi Kristus , kita harus mau Mengutamakan Kristus lebih dari segala hal-hal lain dan bersedia untuk menyerahkan apa saja yang di minta oleh Dia.
Bila kita mengutamakan Kristus diatas segalanya , 3 hal sebagai berikut akan kita peroleh      :

1. Menjadi hakim bersama Kristus.Pada waktu Dia duduk diatas tahta kemuliaan Nya,pengikut Nya akan duduk juga di atas 12 tahta untuk menghakimi 12 suku Israel. Betapa tingginya kedudukan kita pada masa yang akan datang.

2. Menerima 100 kali lipat dari apa yang di tinggalkannya/diberikannya. Pada masa kini dalam hal materi ,asal kita mengutamakan Dia dan pekerjaan Nya, kita akan menuai apa yang kita tabur 2Korintus 9:6  memberikan nasihat agar kita menabur banyak dengan rela hati, tidak terpaksa dan sedih hati , sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan hati yang sukacita,dalam hal non materipun, hokum tabor tuai tetap berlaku . Berilah orang lain dengan apa yang kita punya ,hasilnya kita akan diberi.

3. Kehidupan kekal. Kehidupan kekal adalah sesuatu yang nyata seperti yang di katakan oleh Yesus sendiri Yohanes 3:16 berkata, “ Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini sehingga Ia telah mengaruniakn AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa,melainkan beroleh kehidupan yang kekal. ”


BAHAN SHARING

·     Dalam kaitannya dengan harta benda, Yesus meminta kepada pemuda kaya untuk menjual semua hartanya dan memberikan kepada orang-orang miskin . Bagaimana dengan kita yang harus dan hanya membayar bagian Tuhan berupa persepuluhan dan berpatisipasi dalam pekerjaanNya seperti pembangunan yang saat ini sedang berlangsung? Upah menanti kita yang percaya dan taat pada perintah Nya.

·     Bagikan pengalaman mengenai tuaian 100 x lipat bagi taburan yang kita lakukan bukan hanya terbatas pada soal-soal materi.



0 Responses

Posting Komentar