GBI Ponorogo

“ HAMBA YANG BAIK DAN SETIA ”

Dalam perumpamaan tentang talenta yang disampaikan Yesus (Matius 25:14-30), hamba yang baik dan setia adalah hamba yang baik dalam perbuatannya dan setia dalam hal-hal yang kecil. Dikatakan baik, karena dia mau menjalankan perintah sesuai dengan talentanya, dan setia karena perintah itu dilakukan terus menerus sampai tuannya datang. Ketaatan adalah kata yang tepat untuk orang yang baik dan setia sehingga dia layak untuk masuk dalam kebahagiaan/ kesukaan tuannya. Sedangkan, yang tidak taat mendapat celaan sebagai orang yang jahat, malas, tidak berguna, dan akibatnya dicampakkan kedalam neraka, yang gelap dan tempat ratapan dan kertak gigi.
Contoh tentang ketaatan bisa kita pelajari dalam Yeremia 35:1-19. Lebih dari 200 tahun, kaum Rekhab menjalankan perintah Bapa leluhurnya supaya tidak minum anggur, tidak mendirikan rumah permanen dan hanya tinggal di kemah-kemah, dan menjadi peternak, bukan petani (8-10)
Kesetiaan orang-orang Rekhab diuji supaya mereka melanggar perintah untuk minum anggur yang diletakkan ke dalam piala-piala yang tentunya sangat menggoda. Tetapi dengan tegas mereka menolak untuk berbuat dosa dan tetap menjalankan perintah Bapa leluhur mereka (5 & 7).
Hasil ketaatan mereka, Tuhan mengangkat mereka menjadi pelayan-pelayan Tuhan sepanjang masa (18 & 19).
Contoh ketidak taatan, sebaliknya ditunjukkan oleh orang Yehuda dan penduduk Yerusalem. Mereka tidak mau menerima petunjuk untuk mentaati perintah Tuhan lewat hamba-hamba dan para nabi-Nya yang disampaikan secara terus menerus.
Mereka tidak mau berbalik dari tingkah laku dan perbuatan yang jahat dan memperbaikinya. Bahkan, mereka tetap menyembah berhala (14-15).
Akibat dari ketidak taatan mereka, Tuhan mendatangkan malapetaka yang sebelumnya sudah disampaikan sebagai ancaman (17).
Mengingat betapa pentingnya sebuah ketaatan, mari kita melakukan tugas-tugas sesuai dengan talenta kita sampai Dia datang (I Petrus 1:14-16 & Matius 24:46).

BAHAN SHARING :

1.     Sharingkan berbagai macam godaan yang membuat kita tidak lagi menjadi hamba yang taat dan setia.
2.     Bagikan pengalaman tentang akibat yang menimpa kita pada saat kita melakukan pelanggaran-pelanggaran.
3.     Daftarkan hal-hal yang disebut sebagai penyembahan berhala dalam Kolose 3:5-9

1.     Percabulan                                    7. .........................                               
2.     ....................                                  8. .........................
3.     ....................                                  9. .........................                                
4.     ....................                                10. .........................
5.     ....................                                11. .........................
6.     ....................
0 Responses

Posting Komentar