GBI Ponorogo

“ KABAR BAIK BAGI KITA “

Judul salah satu acara T.V “ Dunia dalam Berita ” kedengarannya lebih cocok bila diubah menjadi “ Dunia dalam Derita ”. Mengapa  ? Karena saratnya persoalan mengisi sebagian besar waktu acara tersebut sehingga membuat pendengar merasakan kepedihan yang mendalam dan merindukan jalan keluar.
Jauh berbeda dengan berita yang ada dalam acara tersebut diatas, dalam kisah Natal disampaikan kabar baik oleh Malaikat kepada para gembala di padang dan juga kepada kita yang hidup pada masa sukar seperti sekarang ini.
Isi kabar baik itu adalah :

1.     Berita Untuk Menangkal Ketakutan ( ayat 10 )

Bila kita percaya kepada Yesus sebagai Tuhan, ketakutan dalam beragam bentuknya bisa teratasi.

-        Bila kita takut karena adanya pelanggaran, darah-Nya berkuasa untuk mengampuni dan menyucikan kita (I Yohanes 1:9)
-        Bila kita takut karena adanya beragam persoalan, doa, permintaan dan ucapan syukur adalah jalan keluarnya (Filipi 4:4)
-        Bila ada serangan roh jahat yang membuat kita takut, percayalah bahwa Roh Kudus yang ada dalam hati kita lebih besar dari roh itu dan dengan kuasa-Nya kita bisa mengusirnya (I Yohanes 4:4 ; I Yakobus 4:7)

2.     Berita Untuk Memperoleh Sukacita Yang Besar ( ayat 10 )

Menerima Yesus sebagai Tuhan membuat roh kita menjadi baru, roh yang membangkitkan kuasa kasih dan ketenangan pikiran, bukan roh ketakutan yang merampok sukacita kita (II Timotius 1:7). Hidup saling mengasihi membuat sukacita-Nya menjadi penuh (Yohanes 15:11-12).

3.     Berita Bahwa Yesus Adalah Juru Selamat ( ayat 11 )

Yesus adalah Juru Selamat dan berarti kita memperoleh keselamatan. Namun keselamatan (Sozo = Yunani ) bukan hanya berarti bahwa dosa-dosa kita telah diampuni. Keselamatan juga berarti bahwa Dia juga memenuhi semua kebutuhan kita. Yang sakit diselamatkan / disembuhkan (Matius 9:21-22), yang kerasukan setan dibebaskan (Lukas 8:36), yang mati dibangkitkan (Lukas 8:49-55), dan yang terancam oleh usaha yang jahat dilepaskan (II Timotius 4:18) dan lain sebagainya.

4.     Damai Sejahtera (ayat 14)

Bagi mereka yang berkenan kepada Tuhan akan memperoleh damai sejahtera. Mereka yang selalu bersukacita, hidup dalam kasih, hidup bebas dari kuatir dengan menangkalnya dengan doa, permintaan dan ucapan syukur (Filipi 4:4-7)

  BAHAN SHARING :
                  
1.      Untuk memperoleh semua berkat dari berita baik diatas, adakah penghalang yang perlu disingkirkan ?

2.      Berbenah diri dan berdoalah bersama
0 Responses

Posting Komentar