GBI Ponorogo

UMAT YANG LAYAK DAN BERKENAN KEPADA TUHAN

Hari ini kita memasuki minggu terakhir dari bulan Januari 2011, berarti masih ada sebelas bulan waktu yang akan kita lewati di tahun ini. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi selama sebelas bulan tersebut. Yang pasti jika kita memperhatikan keadaaan di Indonesia bahkan di seluruh dunia, kita jadi berpikir apakah Tuhan akan segera datang untuk yang kedua kalinya. Sementara itu, kecenderungan manusia bukan kearah yang lebih taat kepada Tuhan, justru sebaliknya semakin bertambah jahat dan semakin nekad.
Di dalam Kolose 1: 9-12 Rasul Paulus memberikan pedoman bagaimana kita harus menjalani hidup yang layak dan berkenan pada Tuhan menjelang kedatangan-Nya. Ada 4 hal yang harus dikerjakan :

1.      BERBUAH LEBAT UNTUK KEMULIAAN TUHAN

Buah adalah hasil atau dampak dari iman kepada Tuhan Yesus yang berujud perbuatan nyata yang dapat dilihat dan dinikmati baik oleh diri sendiri maupun orang lain.

- Buah pertobatan : berupa karakter yang diubahkan (Matius 3:8)
- Buah penginjilan (Kolose 1:6), buah Roh (Galatia 5:22-23) dan lain-lain

2.      SENANTIASA BERTUMBUH DALAM PENGENALAN AKAN KRISTUS

Kekristenan bukan diukur berapa lama menjadi orang kristen dan bukan juga berapa banyak jam ibadah yang dikunjungi, melainkan seberapa dalam kita mengenal pribadi Kristus yang menjadi Tuhan dan Juruselamat kita. Hal ini akan terwujud apabila kita dapat mengaplikasikan setiap Firman yang kita dengar dan renungkan dalam perbuatan nyata dalam hidup kita. Lagi-lagi pedoman 4M apa sudah dan masih dipegang?! (Mazmur 1:1-3)

3.     DIKUATKAN DALAM SEGALA KEKUATAN OLEH KUASA KEMULIAAN-NYA

Tuhan tidak pernah berjanji bahwa kalau kita ikut Tuhan dan setia tidak akan mengalami masalah dan persoalan hidup. Yang Tuhan janjikan adalah Tuhan akan memampukan dan memberikan kemenangan kepada kita jika senantiasa berjalan bersama Dia. Di dalam setiap  pencobaan Tuhan Yesus akan :

- Memberi daya tahan untuk setia dan sabar dalam mengiring Yesus
 ( Efesus 3:20)
- Memberi damai dan sukacita dalam menjalani kehidupan Kristen (Filipi 4:8)
- Memberi kemenangan atas pelbagai macam pencobaan (I Korintus 10:13)

4.      HIDUP PENUH DENGAN UCAPAN SYUKUR

Ada banyak hal dalam hidup kita yang dapat merampas sukacita sehingga kita tidak dapat mengucap syukur, meskipun kita tahu bahwa kita harus mengucap syukur senantiasa dan bahkan mengerti bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi orang yang mengasihi Dia. Sebagai orang percaya kita harus mengucap syukur senantiasa karena :

a.      Kita dilayakkan untuk menerima warisan Ilahi dalam kerajaan terang
b.     Kita telah di pindahkan oleh Yesus dari kuasa kegelapan dan masuk kedalam kerajaan AnakNya yang kekasih
c.      Menerima penebusan melalui pengampunan dosa

Dengan demikian, bagi orang percaya perbuatan baik yang dilakukan bukanlah untuk mendapatkan tiket untuk masuk sorga melainkan karena kesadaran bahwa dirinya sudah masuk sorga, dank arena itulah ia berbuat baik.


Bahan Sharing :

  1. Buah apakah yang sudah kita hasilkan ?
  2. Bagaimana cara kita mengabarkan semangat 4 M ?
  3. Sampaikan kesaksian tentang kekuatan yang Roh Kudus berikan pada masa kesesakan dan kuasa pengucapan syukur.

“ Awali Komsel Dengan Yel-yel Kelompok ”

Contoh Yel-yel !

“ Semangat ! ”
“ Antusias ! ”
“ Antusias ! ”
“ Semangat !
0 Responses

Posting Komentar