GBI Ponorogo


Ketakutan seringkali melanda kehidupan orang percaya yg mengalami masalah secara tiba-tiba. Yosafat raja Yehuda mengalami ketakutan saat diserang musuh secara tiba-tiba bahkan dengan jumlah pasukan yang tidak seimbang ( ay.3 ). Namun Yosafat tidak melarikan diri dari masalah, justru Ia berdoa minta petunjuk dari Tuhan sehingga mengalami kemenangan.
Berdasarkan kisah yg tercatat dalam kitab II Taw 20 : 1 - 25 ada beberapa langkah yg dapat kita pelajari dalam menghadapi masalah secara tiba tiba  :
1. Mencari Tuhan.
Ayat 3 menjelaskan bahwa Yosafat mencari Tuhan untuk minta petunjukNya, bahkan disertai dengan doa puasa.
2. Menyerukan Nama Tuhan ( berteriak ) minta tolong sampai Tuhan mendengar dan menyelamatkan umatNya. ( baca   ay.9 b ) .
3. Mendengar Suara Tuhan. ( Ay 15 )
Ketika mereka mendengar suara Tuhan yang disampaikan oleh Yahaziel bin Zakharia bin Benaya bin Matanya, mereka segera mendapat kekuatan baru karena Tuhan pasti melakukan apa yang di Firmankan. Mari kita biasakan berdoa dua arah : berbicara kepada Tuhan dan mendenarkan suara Tuhan dengan beragam cara
4. Membangun mezbah keluarga. ay.13 (BIMK ) mengatakan :
" Sementara itu semua orang laki laki Yehuda bersama dengan istri dan anak anak mereka berdiri dirumah Tuhan ".
5. Menjalin kesatuan hati dan kesepakatan.
Yosafat berunding dengan  rakyat untuk mengangkat para pemuji dan penyembah untuk berbaris didepan barisan tentara sambil menyanyikan nyanyian syukur bagi Tuhan.
6. Mengadakan pujian dan penyembahan. Ketika mereka sehati dan sepakat memuji dan menyembah Tuhan, Tuhan mengadakan penghadangan terhadap musuh musuh, dan mereka melihat bahwa musuh telah menjadi bangkai semuanya. ( Baca Ay. 22 – 24 )
7. Mengalami/menerima berkat dua kali lipat.
Ay.25 menjelaskan bahwa Yosafat dan pasukannya menemukan banyak ternak, harta milik, pakaian dan barang barang berharga lainnya bahkan mereka mengumpulkan selama 3 hari lamanya.
BAHAN SHARING  :
1.Bagikan pengalaman menghadapi persoalan yang mendadak yang membuat kita panik.
2. Dari beberapa unsur pujian penyembahan dalam artikel diatas adakah yang belum dilakukan dan diusahakan untuk dilakukan ? ( Mencari Tuhan,bersepakat dalam keluarga dan berbagai komunitas,mendengar suara Tuhan,bersorak - sorai,mengalami berkat Tuhan melimpah dan lain lain )

0 Responses

Posting Komentar