GBI Ponorogo


Banyak orang mengalami luka batin yang serius oleh karena diperlakukan dengan tidak semestinya oleh orang tua, saudara, teman, pacar dan lain-lain. Luka batin bisa merusak kehidupan manusia sehingga orang bisa melakukan bunuh diri, atau membunuh orang lain. Contohnya, peristiwa Kain dan Habel dalam kejadian 4:1-8. Kain iri hati karena persembahannya tidak diindahkan TUHAN,  sehingga dia tega membunuh Habel adiknya.
Dampak dari seseorang yang mengalami luka batin adalah:
1. Melakukan kekerasan, penganiayaan, pembunuhan dan     
    Lain - lain.
2. Mengalami depresi.
3. Memiliki kepahitan dan dendamIbrani 12:15 berkata: Hati-hatilah supaya tidak ada yang gagal mendapat anugerah Allah. Hati-hatilah supaya tidak ada orang seperti tanaman pahit yang tumbuh di antara kamu. Orang semacam itu dapat mencemarkan seluruh kelompokmu. (VMD)
4. Mengalami kegagalan.

Solusi bagi orang yang mengalami luka batin adalah
1).   Mengalami perjumpaan secara pribadi dengan Tuhan 
Yesus dan belajar dari Dia. Matius11:28-29 berkata : Marilah kepada-Ku  semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan   kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku,  karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu   akan mendapat ketenangan.
2). Melepaskan pengampunan Efesus 4:31-32 berkata : Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang  dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang  terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Bahan Sharing:
Ceritakanlah pengalaman saudara tentang luka batin dan 
        bagaimana cara mengatasinya?
Sudahkah saudara melepasan pengampunan pada orang 
        yang menyakiti? Bagikan pengalaman itu

0 Responses

Posting Komentar