GBI Ponorogo


PENGKHOTBAH 11:4
Siapa menunggu sampai angin dan cuaca sempurna,
tak akan menanam dan tidak pula memetik hasilnya.( BIMK )

Ayat tersebut diatas menjelaskan, jikalau kita menantikan keadaan yang baik untuk menabur, tentu tidak akan pernah menuai/ menghasilkan apa-apa. Kisah tentang Daud yangtercatat didalam       1 Samuel 22:1-5 memberi pelajaran kepada kita bagaimana kita akan mempedulikan keadaan/kesulitan orang lain sementara kita sendiri dalam masalah yang besar. Daud sudah dinubuatkan menjadi raja, namun ditengah perjalanan hidup Daud mengalami banyak hambatan bahkan mengalami ketakutan dikejar-kejar raja Saul untuk dibunuh. Sebagai buron, ditempat persembunyian yaitu di gua Adulam justru Daud banyak menolong orang –orang yang ada dalam masalah, kira-kira ada 400 orang. Daud menerapi dirinya yang bermasalah dengan menolong orang orang lain dan tetap melakukan hal hal yang menyenangkan hati Tuhan, berdasarkan 1 Samuel 22:1-5, yaitu::
1. Mempedulikan Kesulitan Orang Lain
Dalam masalah yang besar Daud tidak fokus pada masalahnya sendiri tetapi justru Daud banyak melayani dan memnjadi pemimpin 400 orang yang dalam kesulitan ay 1, 2, 23. Baca!
2. Menghargai Otoritas
a. Orang Tua. 1 Samuel 22: 3-4 menjelaskan bahwa Daud sangat menjunjung tinggi nilai-nilai martabat dalam keluarga. Daud tetap menaruh hormat dan menghargai  kedua orang tuanya yang sudah lanjut usia dengan menitipkan mereka kepada raja Moab sampai keadaan benar-benar aman.
b. Pimpinan. 1 Samuel 22:7-8 menjelaskan bahwa sebenarnya ada banyak kesempatan untuk membalas/membunuh  raja Saul, tetapi tidak mau melakukan karena Daud tidak berani melawan orang yang sudah diurapi Tuhan.
3. Mempercayai Penyertaan Tuhan.
1 Samuel 22:3b berkata: “ sampai aku tahu, apa yang dilakukan Tuhan Allah kepadaku “. Daud tetap taat dalam tuntunan Tuhan, mencari kehendakNya dan mengikuti Tuhan dari hari ke sehari sampai janji Tuhan menjadi kenyataan.
4. Mengampuni
2 Samuel 1:12 berkata: “Dan mereka meratap, menangis dan berpuasa sampai matahari terbenam karena Saul, karena Yonatan, anaknya, karena umat TUHAN dan karena kaum Israel, sebab mereka telah gugur oleh pedang”. Daud tetap mengasihi walaupun Saul yang adalah musuhnya itu sudah mati karna gugur di medan pertempuran.
Kesimpulan :
Setelah Saul mati Daud diangkat menjadi raja Yehuda 2 Samuel 2:4 Baca!
Bahan sharing :
1. Adakah masalah rumit yg membelit dan kita tetsp melakukan 4 hal
   diatas?/Sharingkan !
2. Bandingkan    kisah   penundukan   diri   Daud   terhadap  Saul dan
berkatnya dan  pemberontakan Miryam terhadap Musa dan  dampaknya ( Bilangan 12:1 ) : “Miryam serta Harun mengatai Musa berkenaan dengan perempuan Kush yang diambilnya, sebab memang ia telah mengambil seorang perempuan Kush.”

0 Responses

Posting Komentar