GBI Ponorogo

     Kecenderungan manusia adalah melakukan kemauannya sendiri daripada orang lain. Contoh sederhana adalah pada saat seorang suami meminta istrinya untuk menyiapkan nasi goreng sebagai sarapan pagi,yang disiapkan dengan berbagai alasan telur dadar goreng.
     Dalam 1 Tesalonika 5:16-21 Tuhan ingin supaya kita mentaati  beberapa nasihat dengan melakukan kehendak- Nya,yaitu :
1. Mengucap syukur dalam semua hal. ( ayat 18 ). Yang dikehendaki Nya bukanlah semua hal, tapi hal mengucap syukur untuk semua hal yang ada. Mengucap syukur untuk berkat yang kita terima sangatlah mudah, tapi pada waktu mengalami tekanan,sakit,difitnah,kesalahan kita dicari-cari  dan lain sebagainya, kita butuh anugerah / kemampuan ilahi untuk tetap mengucap syukur perlu dan harus dila-kukan.
2. Menjalani kehidupan dalam tuntunan Roh Kudus dan karunia- karunia Nya. ( 19-21).Tuhan minta supaya kita tidak memadamkan Roh Kudus  dalam arti biarlah Dia tetap memimpin kita  dan biarlah karunia karunia Nya bekerja. Salah satu karunia yang disebut adalah karunia nubuat yang tidak boleh diremehkan,karena sifatnya membangun menasihati dan menghibur jemaat.Namun beroperasinya karunia ini harus diuji kebenarannya.
3. Menjalani hidup kudus ( 22). Perlu dipahami berdasarkan1 Petrus 1:16 bahwa kita harus kudus seperti Dia yang kudus adanya.
Kekudusan berkaitan erat dengan
1. Pikiran kita.Kolose  3:12 berkata," Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, ke-rendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran"
2. Hati kita. Amsal 4:23 berkata," Karena itu, sebagai orang-orang pilhan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran"3. Telinga kita.Mazmur 40:7 berkata," Lalu aku berkata: "Sungguh, aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku;
4. Mulut kita.Efesus 4:25 berkata," Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota"
5. Mata kita.Lukas 11:34 berkata," Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu. "
bahan saring :
1. Bagikan pengalaman dalam hal mengucap syukur pada saat kita mengalami persoalan.
2. Bagikan pengalaman dipimpin oleh Roh kudus dan merasakan beroperasinya karunia karunia Roh kudus.
3. Bagikan pengalaman dalam menjaga kekudusan berkaitan dengan ke lima hal di atas.

0 Responses

Posting Komentar